Metropolis

FOZ Serahkan Bantuan Rp 26,5 Juta Untuk Da'i Terdampak Covid-19 ke MUI Sumut

DR Berita
Istimewa

FOZ dan MUI Sumut

DRberita.com | Forum Zakat (FOZ) Sumut serahkan bantuan sebesar Rp 26,5 juta untuk Da'i terdampak Covid-19 kepada MUI Sumut, Selasa 19 Oktober 2021.


Penyerahan bantua dilakukan secara langsung oleh Ketua FOZ Sumut, Iqbal Farizi kepada Ketua MUI Sumut, Maratua Simanjuntak di Aula MUI Sumut. Serah terima dilakukan bersamaan dengan peringatan Maulid Nabi besar Muhammad SAW.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua MUI, Maratua Simanjuntak berharap MUI harus bekerja sesuai dengan porsi masing masing untuk menggerakan rezeki yang diberikan Allah.

BACA JUGA:
PUD Pasar dan Kejari Medan MoU Berantas Pungli

"Kita kuga berharap, MUI juga harus berbuat amal dan mal, yang artinya bekerja, bertugas sesuai dengan porsi masing masing, dan kita juga akan menggerakan, menggunakan rezeki yang diberikan Allah," katanya.


Ketua FOZ Sumut, Iqbal Farizi menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan kepada para Da'i merupakan wujud kepedulian kepada para Da'i di masa pandemi. "Karena selama pandemi ini, bukan hanya pekerja di kantor atau perusahaan saja yang terkena dampaknya namun para da'i juga ikut terkena dampak, maka melalui bantuan ini merupakan salah satu wujud kepedulian kita," ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa dari bantuan yang diberikan ini bisa bermanfaat bagi para dai. "Harapannya apa yang diberikan ini bisa bermanfaat dan berguna untuk memudahkan membantu kebutuhan para Da'i yang sudah bekerja mendidik anak-anak tentang pengetahuan agama,: harapnya.

BACA JUGA:
Edy Ajak Wartawan Doakan Effendi Pohan dan Tidak Dipolitisasi

Iqbal berharap ke depannya FOZ dapat terus bersinergi dengan MUI Sumut. "Ke depan juga kita berharap FOZ Sumut bisa terlibat dalam berbagai program lainnya sehingga FOZ Sumut bisa ikut berpartisipasi dalam mengatasi permasalahan dan meringankan masalah yang ada di tengah-tengah Ummat," ucapnya.


Melalui program santunan da'i ini juga, Ketua FOZ Sumut mengharapkan akan ada lembaga lembaga lain atau perusahaan lain yang meniru seperti program yang dilakukan oleh FOZ bersama MUI Sumut ini. "Semoga melalui program ini juga bisa menjadi inspirasi bagi lembaga dan perusahaan lain untuk meniru program yang dilakukan Foz Sumut bersama MUI Sumut," tambahnya.


Terkait dihimpunnya bantuan ini, Sekretaris FOZ Sumut, Sulaiman juga turut menjelaskan bahwa bantuan sebesar Rp 26,5 juta dihimpun dari 15 lembaga yang tergabung di dalam FOZ Sumut.


"Adapun bantuan yang diserahkan terhimpun dari 15 lembaga yang berada di bawah naungan FOZ. Kelima belas lembaga tersebut adalah Lembaga IZI, Dompet Dhuafa, DT Peduli,Ulil Albab, Rumah Zakat, PPPA Daqu, BSMI, Mandiri amal Insani, Rumah Yatim, Pusat Zakat Umat, Yakesma, Global Zakat, SYI, Nurul Hayat, dan BMH," sebutnya.

BACA JUGA:
Gugatan Buruh: Hakim Tolak Eksepsi Bupati Deliserdang dan Gubsu

Secara singkat ia juga menyampaikan pengenalan tentang Forum Zakat. "FOZ adalah asosiasi lembaga pengelola zakat yang berfungsi sebagai wadah berhimpunnya Badan Amil Zakat (BAZ) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) di seluruh Indonesia," ucapnya.

Ia pun melanjutkan, lembaga ini didirikan pada Jumat, 19 September 1997 oleh 11 lembaga yang terdiri Dompet Dhuafa Republika, Bazis DKI Jakarta, Baitul Mal Pupuk Kujang, Baitul Mal Pupuk Kaltim, Baitul Mal Pertamina, Telkom Jakarta, Bapekis Bank Bumi Daya, Lembaga Keuangan Syariah Bank Muamalat Indonesia, PT Internusa Hasta Buana, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIE) Jakarta.


Dari penyampaiannya tersebut, ia pun berharap kehadiran FOZ di tengah masyarakat dapat membawa kiprah lembaga zakat semakin luas dan bermanfaat untuk ummat.

Penulis: DR Berita

Editor: Admin