Metropolis

Anak Medan 'Mural' KRI Nanggala 402 di Simpang Glugur

DR Berita
Foto: Istimewa

Mural KRI Nanggala 402 di Medan.

DRberita.com-MEDAN | Sebagai bentuk penghormatan kepada para awak Kapal Republik Indonesia (KRI) Nanggala 402, anak-anak muda di Kota Medan membuat seni mural bergambar kapal selam di Simpang Glugur, Jalan Kolonel Yos Sudarso dengan Jalan Putri Hijau.


Seni mural dibuat oleh anak-anak muda yang tergabung dalam Komunitas Kampung Sendiri di kawasan simpang empat Kelurahan Glugur Kota, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara.


BACA JUGA :Gubsu Diminta Objektif Tetapkan Dirut Bank Sumut Yang Baru


"Mural bergambar Kapal Selam KRI Nanggala 402 ini kita persembahkan sebagai bentuk penghormatan kepada 53 kesatria penjaga Laut Nusantara," kata seorang pemural bernama Andi Syahputra, Minggu 2 Mei 2021.



Andi beralasan dirinya mengambil bagian dalam pembuatan mural KRI Nanggala 402 karena merasa terpanggil dan berduka atas tenggelamnya kapal selam.


"Andi merasa terpanggil untuk memberi penghormatan. Saya juga hobi membuat mural, dan merasa terpanggil dalam pembuatan mural KRI Nanggala 402," ungkapnya.


Koordinator Kampung Sendiri, Bobi Septian menerangkan, pembuatan mural Kapal Selam KRI Nanggala 402 selain sebagai bentuk penghormatan kepada para anggota TNI AL yang gugur, juga sebagai pengingat kepada masyarakat Indonesia.



"Kita ingin mengingatkan, 53 kesatria Laut Nusantara gugur dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, ketika hendak melaksanakan latihan penembakan torpedo di perairan Bali, Rabu, 22 April 2021," terangnya.


Menurut Bobi, pembuatan mural Kapal Selam KRI Nanggala 402 merupakan karya kecil yang tidak sebanding dengan apa yang dipetaruhkan para prajurit TNI AL dalam menjaga Laut Nusantara, yang selama 40 tahun menjaga lautan Indonesia dari ancaman pihak luar.


BACA JUGA :Viral, Petisi Rakyat Tano Batak Minta PT. TPL Kembalikan Hak Lingkungan


"Alhamdulillah, setelah kami berdiskusi dengan berbagai pihak, niatan pembuatan mural KRI Nanggala 402 direspons oleh berbagai komunitas," ucap Bobi.



Pembuatan mural Kapal Selam KRI Nanggala 402 dimulai Jumat, 30 April 2021. Pembuatan mural dilakukan dengan konsep kolektifan. Ada beberapa pihak yang membantu secara patungan, yakni Kecamatan Medan Barat, Bapera Sumut, Artista, Yess Humanity, dan Kopasude.

Penulis: DR Berita

Editor: admin

Sumber: Rilis