Metropolis

Virus Corona: Ini Penjelasan Kadis Kesehatan Sumut

DR Berita
istimewa
Kadis Kesehatan Sumut Alwi Hasibuan

DRberita | Dinas Kesehatan Provinsi Sumut mengklaim sampai saat ini belum masyarakat Sumatera Utara yang terjangkit virus corona mematikan tersebut. Hanya saat ini ada 83 orang yang masuk dalam pengawasan dan dikarantinakan.


"Tidak ada yang terjangkit. Kita tak boleh menolak orang yang masuk, jadi kita silahkan masuk, tapi kita awasi selama 14 hari," kata Kadis Kesehatan Sumut Dokter Alwi Hasibuan, kemarin.


Alwi mengatakan ada 83 orang di Sumatera Utara masuk dalam pengawas tim medis. "Yang dalam pengawasan, 83 orang," kata Alwi.


"Orangnya sehat, tapi ada riwayat perjalanan ke daerah terjangkit," sambungnya.


Alwi memastikan 83 orang tersebut dalam kondisi sehat. Tetapi selama 14 hari mereka dikarantina tidak boleh keluar ruangan, setelah itu diberi kartu kewaspadaan kesehatan.


"Ya. Orang itu sehat. Tidak bisa ditolak masuk karena belum ada peraturan yang menetapkan kita daerah tertutup," terang Alwi.


"Jadi silahkan masuk tapi mohon maaf, kita mau memastikan rakyat kita aman. Jadi selama 14 hari, mereka tidak keluar rumah, dibekali kartu kewaspadaan kesehatan dan dipantau selama 14 hari," jelasnya.


Diketahui, virus corona yang mematikan dari Kota Huwan, China, kini menghantui rakyat Indonesia. Setiap orang yang masuk ke Indonesia dari luar khususnya China menjadi perhatian dan mendapat pengawasan selam 14 hari di dalam ruangan.


Virus ini sudah mematikan ribuan orang di beberapa negara, khususnya terbanyak di Negara China. Indonesia kata pemerintah sampai saat ini masih dalam kondisi aman dari virus corona tersebut. (art/drc)


Penulis: Artam

Editor: Bornok