Komunitas

KSJ Buka Posko dan Galang Donasi Korban Dampak Erupsi Gunung Semeru

DR Berita
Iluatrasi

Logo KSJ

DRberita.com | Kabar erupsi Gunung Semeru yang kembali terjadi, Senin, 6 Desember 2021 pukul 07.53 WIB, telah merenggut ratusan nyawa warga sekitarnya.


Informasi tersebut didapat dari gambar serta video kiriman Zulkhair, Koordinator Relawan Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) Jawa Timur ke group wasthaap KSJ Pusat Amal Sosial. Erupsi Gunung Semeru disertai letusan dan muntahan lahar serta abu panas.

Ketua Umum KSJ Pusat Saharuddin mengatakan setelah melakukan koordinasi dengan AKBP Ikhwan Lubis Pendiri dan Pembina Utama, memutuskan untuk menggalang donasi guna membantu korban terdampak erupsi gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

BACA JUGA:
Warga Keluhkan Kondisi Jembatan Bandar Pulo Langkat Sebelum Makan Korban

"KSJ akan menggalang donasi dari internal dan simpatisan untuk membantu kebutuhan pangan, dan obat obatan untuk korban erupsi. Donasi dikumpul dimulai 6 Desember 2021 sampai 20 Desember 2021, diikuti dengan pembukaan posko relawan KSJ di sekitar wilayah terdampak erupsi," ujar Saharuddin dalam siaran pers, Selasa 7 Desember 2021.

Zulkhair Relawan KSJ Jawa Timur menerangkan Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut, mengalami erupsi disertai panas guguran dan hujan abu vulkanik cukup tebal hingga meliputi dua kecamatan yaitu Kecamatan Pronojiwo, Desa Supiturang Sumber Urip dan Oro Oro Ombo, Kecamatan Candipura, Desa Sumber Wuluh, Sumbermujur, Penanggal, Candipuro dan Sumber Rejo, kesemuanya terpantau gelap gulita di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.


"Titik pengungsian saat ini terdapat di Balai Desa Penanggal, rumah warga yang aman, Masjid Jamik, dan Balai Desa Sumber Wuluh, selengkapnya sampai saat ini masih dalam pendataan dan evakuasi," ujar Zulkhair


Menurutnya, kebutuhan masyarakat yang terdampak erupsi dan sangat mendesak adalah air bersih atau mineral, masker, mie instan, gerpal atau tikar, beras, pakaian layak atau sarung, pembalut wanita, obat obatan dan bahan pangan siap saji.

BACA JUGA:
Dugaan Penyalahgunaan Wewenang dan Jabatan Rektor UINSU Digiring ke Polda dan Kejatisu

Dengan demikian, KSJ berencana membagi tiga tahap tekhnis kegiatan di antaranya pengumpulan data dan kebutuham warga saat dan pasca bencana, serta penyaluran bantuan dari donasi yang terkumpul.

Donasi KSJ dapat disalurkan melalui Rekening Bank Sayariah Indonesia (BSI) nomor 777 1616 555 kode bank 451 atas nama Kantor Pusat KSJ atau ke rekening Bank Mandiri nomor 106 000 808 7887 atas nama Komunitas Sedekah Jumat (Tim Media KSJ).

Penulis: DR Berita

Editor: Admin