Komunitas

Komunitas Kampung Sendiri Gandeng TNI Tanam Pohon Aren di Desa Telagah

DR Berita
Poto: Istimewa

Tanam pohon aren di Desa Telagah.

DRberita.com | Komunitas Kampung Sendiri bersama berbagai elemen melaksanakan penanaman pohon di Dusun Pamah Simelir, Desa Telagah, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, pada 10 - 11 Januari 2022.


Elemen yang ikut seperti Kodim 0203/Lkt, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), River Schooll, Pesona Langkat, Orangutan Informasi Center, dan Pamah View.

Pohon yang ditanam yaitu Pohon Aren dan buah, yang merupakan bentuk kepedulian pemuda bagi keberlanjutan konservasi yang berada di kawasan tersebut.

BACA JUGA:
Vaksinasi di SDN 112259 Guntingsaga Tanpa Pendampingan Orangtua, Ada yang Berdarah-darah

"Dusun Pamah Simelir, Desa Telagah, merupakan kawasan Buffer Zone Taman Nasional Gunung Leuser, penanaman ini bertujuan agar pohon yang ditanam kelak dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sumber ekonomi mereka," ujar Kordinator Kampung Sendiri Kordinator Kampung Sendiri.

"Kami sengaja menanam pohon aren, karena memiliki banyak fungsi, bisa menghasilkan air nira, ijuk, lidih, gula merah, bahkan pohon aren merupakan pohon yang mampu menahan erosi, selama 2 hari kita telah melaksanakan penanaman bersama anak-anak sekolah dan pihak desa. Kita juga akan melakukan perawatan pohon yang ditaman," sambungnya.


Bobi pun berharap semua pihak dapat terlihat dalam upaya menjaga kawasan hutan yang berada di Desa Telagah, baik itu masyarakat desa, perkotaan, maupun pemerintah.


Dandim 0203/ Langkat Letkol Inf Wisnu Joko Saputro sangat mengapresiasi kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan oleh para pecinta lingkungan dalam upaya pelestarian hutan guna menunjang perekonomian masyarakat dan sungai yang dilakukan di Dusun Pamah Simelir.

BACA JUGA:
Jenderal Dudung Kunker ke Medan, Bertemu Rekan Alumni Lemhannas RI Hendrik Sitompul

"Sebagai penopang paru paru dunia, kita harus selalu melakukan pelestarian dan menjaga hutan kita. Kami akan berusaha untuk membantu dalam menjaga melestarikan alam desa ini dan mudah mudahan bisa kita adakan TMMD didesa ini tahun depan," ungkap Letkol Wusnu.

Sementara itu Kepala Seksi V Bahorok Balai Besar TNGL diwakili Kepala Resort Bekancan John Purba mengatakan apa yang dilakukan Kampung Sendiri dan kawan kawan merupakan program yang sangat baik.


"Dimana target penanaman pohon aren dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai perekonomian, tanpa melakukan perambahan kawasan hutan," tutup Purba.

Penulis: DR Berita

Editor: Admin