Komunitas

Kaum Banjar Kalimantan di Kabupaten Langkat Rayakan Maulid Nabi Muhammad SAW

DR Berita
Poto: Dhevan

Kaum Banjar Kalimantan di Langkat rayakan Maulid Nabi Muhammad. 

DRberita.com | Beragam cara masyarakat Banjar Kalimantan yang kelahiran Tanah Bertuah Negeri Beradab Bumi Melayu Langkat Berseri di Desa Karang Anyer, Kecamatan Secanggang, merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW, 12 Rabi'ul Awal 1443 Hijriah, yang dilaksanakan di Masjid Al Hidayah, Minggu 5 Desember 2021.


Perayaan itu dilaksanakan warga dengan menggelar acara silaturahmi yang diikuti seribuan warga Kaum Bajar terdiri dari anak anak dan orang dewasa, dengan diiringi lantunan syair maulid yang berisikan pujian serta riwayat kehidupan nabi akhir zaman tersebut.

Umat Islam khususnya kaum banjar Kalimantan di Langkat memiliki tradisi unik, yaitu makan batalam dan berindang sebelum dimulainya acara istighosah. Para tamu yang berdatangan dari kabupaten kota di Sumatera Utara disambut dengan sarapan pagi Lontong Sate Kambing dan duduk bersama di rumah rumah warga yang sudah disiapkan panitia pelaksana, 1 rumah menampung 80 orang dan ada 35 rumah.

BACA JUGA:
Kejati Sumut Tingkatkan Kasus Mafia Tanah Margasatwa Langkat ke Penyidikan

Setelah selesai sarapan pagi bersama, para tetua Kaum Banjar menyampaikan pesan dan nasehat buat warga. Adapun pesan tersebut diakhir tahun 2021, mari rapatkan barisan dalam kekuatan bersama untuk memulai kehidupan baru di tahun 2022. Kemudian doa bersama negeri Indonesia tercinta ini dijauhkan dari marabahaya, malapetaka, dan musibah penyebaran virus Covid-19 berakhir di tahun ini 2021.

"Jangan ada provokasi jahat yang mencoba menggiring isu negatif yang merusak, memecah persatuan, dan kesatuan bangsa," kata para tetua Kaum Banjar.


Setelah selesai 1 jam lebih sarapan dan mendengarkan nasehat, para tetua sepuh Kaum Banjar mengajak seluruh undangan dan masyarakat bergerak ke masjid untuk mendengarkan ceramah agama, dzikir, dan istighosah yang disampaikan oleh Al Usthadz Ibnu Djarot.


Kegiatan yang dilaksanakan setiap akhir tahun di bulan Desember dan ajang silaturahmi bersama, Kaum Banjar saling mengenal satu sama lain untuk menguatkan barisan dan pandangan agar tidak terpengaruh dengan isu yang berkembang saat, oleh Kades Karang Anyer.


Al Usthadz Ibnu Djarot menyampaikan bahwa saat ini Islam merupakan ajang untuk mendapatkan hal dan tujuan yang mengatasnamakan agama dan mencoba mengarahkan pandangan politik untuk menghancurkan persahabatan dan persaudaraan sesama muslim, serta mengadu domba antar umat beragama.

BACA JUGA:
Wow, Kini Mahasiswa USU Bisa Bayar Tol pakai KTM

Maka jangan terpancing isu miring dan menerima kabar yang belum jelas asal usulnya. "Mari berdoa untuk negeri semoga Indonesia dalam lindungan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, dan khususnya para pemimpin Negeri, ulama, ummaro di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, senantiasa kuat diberikan kesehatan dan keselamatan, Amin Ya Rabbal Alamin," kata Usthadz Ibnu Djarot.

Kegiatan Istighosah Akbar Maulid Nabi Muhammad SAW ini dihadiri oleh beberapa organisasi kemasyarakatan di antaranya Ketua PC ISNU Kabupaten Langkat Buya Dhev dan teman seperjuangan Kaum Nahdliyyin Langkat, Ketua DPC HKTI Kabupaten Langkat AKBP (Purn) H. Ahmad Zaini, Ketua PC IPNU Kabupaten Langkat Imran Lubis, Tokoh Pujakesuma Kabupaten Langkat Kang Mas Somiran Noel, serta hadir bersama pengurus Pemuda Pancasila, FKPPI, BKPRMI, Pengajian Al Hidayah, Mushlimat NU, Remaja Masjid Mushola Desa Karang Anyer, serta segenap unsur Pemerintahan Desa, Persatuan Perwiritan Syarikat Yasin dan ST laki-laki dan perempuan Desa Karang Anyer.

Penulis: Dhevan Rao

Editor: Admin