Komunitas

Civitas Akademika USU 6 Tahun Penelitian dan Pengabdiaan UMKM di Batubara

DR Berita
Poto: Istimewa

Civitas Akademika USU bersama pelaku usaha UMKM di Kabupaten Batubara.

DRberita.com | Rangka pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, civitas akademika Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan pengembangan UMKM pengolahan kerupuk ikan tamban di Desa Labuhan Ruku, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batubara.


Kegiatan pengembangan UMKM kerupuk ikan tamban ini dilaksanakan selama kurang lebih 6 bulan, sejak Maret hingga Agustus 2022, dipimpin oleh Adil Arifin S.Sos MA, Indra Fauzan SHI M.Soc.Sc Ph.D, dan Fajar Utama Ritonga S.Sos., M.Kesos.

Adapun rangkaian kegiatan tersebut terdiri dari pelatihan pencetakan kerupuk, pengemasan produk (packing), serta pengembangan pemasaran produk (digital marketing). Sebagai puncak kegiatan pengabdian, civitas akademika melakukan pelatihan dalam bentuk forum group discussion atau FGD.

Pelatihan ini menghadirkan beberapa narasumber yang relevan dengan permasalahan yang di hadapi oleh pelaku usaha, yaitu Faiz Albar Nasuition S.IP M.Sos yang merupakan Dosen USU dan telah lulus sertifikasi pendampingan digital marketing.

BACA JUGA:
Proyek Rp 2,7 T, LIRA Duga Ada Permufakatan Jahat

Faiz Albar menyampaikan materi tentang strategi pemasaran bagi pelaku UMKM. Selanjutnya narasumber kedua Muhammad Rozi, perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM Batubara yang telah banyak melakukan pendampingan kepada para pelaku usaha di Kabupaten Batubara.


Dalam materinya, Muhammad Rozi menjelaakan permasalahan penyediaan serta pengolahan bahan baku bagi pelaku UMKM.

Pelatihan ini mendapat apresiasi dari Pemerintah Kecamatan Talawi serta masyarakat Desa Labuhan Ruku.


Camat Talawi Efendi, ST berharap adanya kerjasama yang berkelanjutan antara USU dengan masyarakat Desa Labuhan Ruku dan desa desa lainnya di Kecamatan Talawi.

Penulis: DR Berita

Editor: Admin