Komunitas

Alwashliyah Peringati Milad 91 Tahun Dengan Berbagai Perlombaan dan Kegiatan Sosial

DR Berita
Istimewa

Dedi Iskandar Batubara, Ketua PW Alwashliyah Sumut

DRberita.com | Aljam'iyatul Washliyah kini sudah berusia 91 tahun. Organisasi Islam terbesar di Pulau Sumatera ini menyambut hari jadi pada 30 Nopember 2021, mendatang dengan berbagai perlombaan keagamaan dan kegiatan sosial.


"Beragam kegiatan itu dilaksanakan oleh panitia sebagai upaya untuk menjemput berkah atas usia 91 tahun Aljamiyatul Washliyah. Juga sebagai nasihat bagi para kader agar tidak lupa jalan pulang menuju rumah besar Washliyah," ucap Ketua Panitia Milad ke-91 Aljamiyatul Washliyah, Darwin Marpaung didampingi Sekretaris Dedi Iskandar, Koordinator Perlombaan/KegiatanChairial As'adi, Azrai, Junaidi Husda, Rusli Efendi Damanik, Nurul Yaqin Sitorus dan pengurus lainnya, Kamis 25 November 2021.

Peringatan menjelang Milad ke-91 tahun Washliyah diawali dengan apel akbar sekaligus pelatihan pengembangan kepemimpinan Pramuka Sako Alwashliyah di Bumi Perkemahan Sibolangit. Apel akbar Pramuka yang digelar Rabu 24 Nopember 2021, dibuka langsung oleh Ketua Pimpinan Wilayah Aljamiyatul Washliyah Sumatera Utara, Dedi Iskandar Batubara.

BACA JUGA:
Kemelut Dosen UINSU: Mendadak Nama Boru Harahap Hilang dari Daftar

"Pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari di Sibolangit. Saya percaya bahwa yang mengikuti pelatihan adalah calon calon pemimpin Alwashliyah masa depan," tutur Dedi Iskandar Batubara yang juga Senator DPD RI asal Sumatera Utara.


Sebagai Pembina Pramuka, Dedi Batubara berpesan kepada peserta untuk benar benar mengikuti pelatihan sesuai arahan Instruktur Pramuka. Ia juga memberikan penghargaan dan apresiasi luar biasa kepada seluruh pengurus Pramuka Sako Alwashliyah yang telah berupaya memajukan kepanduan di organisasi tersebut.

"Saya sangat mengapresiasi dan memberi penghargaan kepada seluruh pengurus Sako Alwashliyah, meski baru dilantik dalam hitungan hari tetapi sudah berkiprah dalam berbagai kegiatan," ucapnya.


Menyambut Milad Washliyah ke-91 tahun, panitia juga menggelar kegiatan Bazar. Pelaksanaan bazar digelar mulai Kamis 25 Nopember hingga Senin 29 Nopember 2021. Beragam stand akan ditampilkan di arena bazaar dengan harga yang terjangkau.

BACA JUGA:
UINSU Makin Bobrok Dipimpin Prof. Syahrin Harahap

"Ada juga stand khusus yang diisi warga binaan Rutan Kelas I Labuhan Deli, yang akan menjadi mitra Majelis Ekonomi Alwashliyah Sumut untuk mengisi AW Mart and Galery PW Alwashliyah Sumatera Utara," sebut panitia, Rusli Efendi Damanik.


Senada juga disampaikan panitia lainnya, Azrai. Selain bazar, kegiatan juga diisi dengan pangkas gratis pada Kamis 25 Nopember 2021. "Ada juga pangkas gratis. Kegiatan pangkas dilaksanakan satu hari penuh, dari pagi hingga sore," ujarnya.

Kegiatan lainnya yakni berupa mengasah keilmuan dengan program bedah kitab yang digelar Jumat 26 Nopember 2021. Program ini diisi oleh sejumlah Cendikia Washliyah, di antaranya Tohir Ritonga.


"Selain bedah kitab, pada hari yang sama yakni Jumat 26 Nopember juga dilakukan teknikal meeting untuk peserta yang mengikuti perlombaan yakni mewarnai gambar, Orasi Ilmiah, Kaligrafi, Qiraatul Kutub, Tahfizul Quran," papar Koordinator Perlombaan, Chairial As'adi.


Untuk perlombaan kaligrafi, orasi ilmiah dan lomba mewarnai digelar pada Sabtu 27 Nopember 2021. Selain perlombaan, pada hari yang sama juga dilaksanakan bakti sosial berupa donor darah. "Insya Allah, sudah puluhan warga Washliyah yang mendaftarkan diri menjadi pendonor darah yang dilaksanakan Sabtu ini," timpal panitia lainnya, Nurul Yaqin Sitorus.

BACA JUGA:
3 Lagi Tersangka Korupsi Gedung Mangkrak UINSU Ditahan

Sedangkan untuk perlombaan Tahifizul Quran dan Qiraatul Kutub digelar Senin 29 Nopember 2021. "Insya Allah, dari perlombaan ini akan lahir bibit bibit penghapal Quran dan penghapal kitab yang dapat mengharumkan nama besar Aljamiyatul Washliyah," sebut Junaidi Husda di PW Washliyah Jalan SM Raja Medan.

Puncak peringatan hari jadi ke-91 tahun Washliyah, dilaksanakan ziarah ke makam para pendiri dan tokoh-tokoh Washliyah pada Selasa 30 Nopember 2021. "Ziarah ke makam menjadi momentum bagi pimpinan dan kader Alwashliyah untuk senantiasa mengenang jasa para pendiri. Juga agar senantiasa dapat meneladani para pendiri dan sesepuh Alwashliyah," ucap Sekretaris PW Alwashliyah Sumatera Utara, Alimnur Nasution.


Selain ziarah, puncak peringatan Milad ke-91 tahun Washliyah juga diisi dengan resepsi dan temu ramah. "Mohon doa agar semua kegiatan ini berjalan sesuai rencana," tukasnya.

Penulis: DR Berita

Editor: Admin