Kerah Putih

Proyek APBD Asahan Disoal Kepala Desa, Ada Dugaan Jadi Objek Korupsi

DR Berita
Jalaluddin Sitorus

Kondisi jalan yang dibangun.

DRberita.com | Proyek APBD Asahan dengan pengerjaan Pembangunan Jalan Produksi Perkebunan di Dusun I, Desa Gajah Sakti, Kecamatan Badar Pulau, disoal kepala desa. Ada dugaan proyek tersebut dijadikan objek korupsi oleh rekanan.


Proyek bernilai Rp 198 juta tersebut diduga dikerjakan asal jadi oleh CV. Bumi Asahan Mandiri, dimulai 26 Juli hingga 25 September 2021.

Terungkapnya dugaan asal jadi proyek Pembangunan Jalan Produksi Perkebunan, itu berawal dari informasi warga kepada Sekretaris Desa Zulius Prihatin Azizi Marpaung. Oleh Zulius pun temuan itu dilaporkan kepada Kepala Desa Burhanuddin Nasution.

BACA JUGA:
Komisi Informasi Minta Kombes Riko Buka Perkara 4 Mobil Mewah Konsul Rusia

Atas adanya temuan dugaan korupsi tersebut, Kepala Desa Gajah Sakti Burhanuddin Nasution kemudian menindaklanjutinya dengan datang ke lokasi proyek. Kepala desa datang bersama Kepala UPT Dinas Pertanian Asahan Pation Limbong, Jumat 17 September 2021. Warga pun ikut serta ke lokasi proyek.

"Saya sangat kesal dengan bangunan yang bobrok ini, saya minta ini agar dibongkar, diperbaiki kembali dengan kwalitas bangunan dimantabkan lagi," tegas Burhanuddin.


Spontan Kepala UPT Dinas Pertanian Asahan Patian Limbong merespon kekecewaan kepala desa. Ia pun mengakui proyek Pembangunan Jalan Produksi Perkebunan di Dusun I belum dibayar lunas.

BACA JUGA:
Tak Terima Jadi Tersangka, Pengusaha Iklan Albert Kang Gugat Kapolda Sumut ke PN Medan

"Ini pembangunan belum kita bayar Rp 1.000 pun, saya berjanji akan menyampaikan aspirasi bapak bapak ke dinas. Kami juga tidak mau kalau bangunannya seperti ini," kata Patian.

Sementara, seorang pekerja proyek di lokasi ketika ditanya spek pekerjaan tidak dapat menjelaskan.

Halaman :
Penulis: Jalaluddin Sitorus

Editor: Admin