Kerah Putih

Polda Terbitkan Sprindik, IPNU Sumut Desak Proses Dugaan Korupsi PDAM Tirtanadi

DR Berita
Istimewa

IPNU Sumut aksi unjuk rasa depan Mapolda Sumut

DRberita.com | Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PW IPNU) Sumatera Utara mendesak Polda Sumut segera memproses dugaan korupsi PDAM Tirtanadi, sesuai surat perintah penyelidikan yang diterbitkan pada Oktober 2021.


Desakan itu disampaikan PW IPNU Sumut dengan aksi unjukrasa di depan Mapoldasu, Jalan SM. Raja, Medan, Jumat 19 November 2021.

BACA JUGA:
Kompolnas Angkat Bicara Terkait Kasus Selingkuh Anggota Polri di Sumut

"Surat perintah penyelidikan bernomor SP-Lidik/412-b/X/2021/Ditreskrimsus tanggal 22 Oktober 2021 sudah hampir sebulan, namun sampai saat ini masih belum ada tindakan. Kasus ini telah merugikan keuangan PDAM Tirtanadi miliaran rupiah, untuk itu kami berharap Kapolda Sumut Irjen Pol. Panca Putra jangan mau diintervensi," ucap ketua PW IPNU Sumut Muhammad Haryadi Nasution.


Masih Haryadi, bawa kasus dugaan pelanggaran Peraturan Daerah (Perda) Provsu Nomor 3 Tahun 2018 oleh Kabir Bedi, Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirtanadi bersama oknum pejabat berkompeten di lingkungannya, telah diproses di Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumut.


Sekretaris PW IPNU Sumut Surya Hasibuan mengatakan Ditkrimsus Polda Sumut agara secepatnya menetapkan status tersangka terhadap Kabir Bedi beserta oknum pejabat terkait di PDAM Tirtanadi, jika terbukti melanggar regulasi.

BACA JUGA:
Rekayasa Kasus: Itwasda Polda Sumut Panggil Mantan Kapolsek Sukaramai

"Untuk menepis isu miring yang beredar bahwa Polda Sumut lemah dalam penindakan pelanggaran hukum, kami berharap pihak Krimsus Polda Sumut segera menyimpulkan status hukum terhadap Dirut PDAM Tirtanadi," tegasnya.

Menurut Surya, slogan 'kami siap melayani tanpa pamrih, transparan dan akuntabel' harus diimplementasikan agar tidak hanya menjadi jargon Polda Sumut.


Aksi unjuk rasa PW IPNU Sumut itupun diakhiri dengan pembagian nasi kotak kepada para polisi yang bertugas di Mapoldasu, sembari mengingatkan jika dalam satu pekan ini belum ada kelanjutan penyekidikan kasus dugaan korupsi di PDAM Tirtanadi, maka aksi massa yang lebih banyak akan berlanjut.

Penulis: DR Berita

Editor: Admin