Kerah Putih

Kronologis Suap Jabatan Sekda Kota Tanjungbalai

DR Berita
Muhammad Artan

Tersangka Yusmada

DRberita.com | Perkara suap jabatan di Pemko Tanjungbalai berawal dari perintah Walikota M. Syahrial pada Juni 2019. Seleksi jabatan sekretaris daerah saat itupun kemudian dibuka.

Tersangka Yusmada pada saat ini masih menjabat Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Tanjungbalai.

BACA JUGA:
KPK Tahan Sekda Tanjungbalai, Mantan Walikota Kembali Ikut Jadi Tersangka

"Kronologisnya tersangka MSA saat itu masih walikota membuka seleksi jabatan Sekda Kota Tanjungbalai, tersangka MY masih menjabat salah satu kepala dinas," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Jumat 27 Agustus 2021.

Dalam surat perintah tersangka M. Syahrial meminta Yusmada ikut dan masuk sebagai salah satu pelamar seleksi. Selanjutnya YM mengikuti beberapa tahapan seleksi, pada Juli 2019, di Kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Tanjungbalai.

BACA JUGA:
Bahasa Daerah Masuk Mulok Disdik Padangsidimpuan Untuk Karakter Bangsa

"Tersangka YM kemudian bertemu dengan Sajali Lubis, teman sekaligus orang kepercayaan dari tersangka MSA," kata Ali.


Dalam pertemuan tersebut, Yusmada diduga memberikan uang Rp200 juta pada Sajali Lubis untuk diberikan kepada M. Syahrial. Sajali pun melapor Syahrial melalui telepon dan langsung disepakati serta disetujui Syahrial.

BACA JUGA:
Polisi Tidak Tahan Dokter Pengguna Plat Palsu Konsulat Rusia

September 2019, Yusmada dinyatakan lulus dan terpilih sebagai Sekretaris Daerah Kota Tanjungbalai berdasarkan Surat Keputusan Walikota Tanjungbalai yang ditandatangani M. Syahrial.

"Atas terpilihnya YM sebagai Sekretaris Daerah Kota Tanjungbalai, Sajali Lubis atas perintah MSA kembali menemui YM untuk menagih dan meminta uang sebesar Rp200 juta, dan YM langsung menyiapkan uang yang diminta dengan melakukan penarikan tunai sebesar Rp200 juta di salah satu bank di Kota Tanjungbalai Asahan serta menyerahkannya ke Sajali Lubis untuk diteruskan ke MSA," terang Ali.

Penulis: Muhammad Artam

Editor: Admin