Kerah Putih

KPK Kembali Ingatkan Bank Sumut Soal Korupsi

DR Berita
Istimewa

Vidcom rapat koordinasi dan monitoring pencegahan korupsi di Bank Sumut bersama KPK, Senin 20 September 2021.

DRberita.com | Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali mengingatkan PT. Bank Sumut, selaku BUMD Pemprovsu agar tidak terjebak dalam perkara dugaan korupsi yang sudah berulang kali terjadi.


Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) KPK Wilayah I Maruli Tua mengatakan sangat penting mengingatkan Bank Sumut untuk bekerja profesional, karena sudah banyak mengikuti proses hukum di masa lalu.

Hal itu ditegaskan Maruli Tua dalam vidcom rapat koordinasi dan monitoring pencegahan korupsi di Bank Sumut bersama KPK, Senin 20 September 2021.

BACA JUGA:
Satgas BLBI Identifikasi Aset Obligor Bentuk Tanah 15,2 Juta Hektare

Diketahui, kata Maruli, PT. Bank Sumut sebelumnya telah menjadi salah satu bank yang nilai kredit bermasalahnya menjadi catatan khusus.


"Yang namanya korupsi tentu akan merugikan keuangan negara, dan ini harus dicegah," tegasnya.


KPK sendiri, lanjut Maruli, pada intinya tetap bersemangat dengan penandatanganan fakta integritas yang dilakukan pada 3 Februari 2021, terkait pencegahan korupsi.


"Potensi fraud (kecurangan) yang bisa mengakibatkan terjadinya tindak korupsi di Bank Sumut, antara lain potensi dengan modus asuransi kredit, program, modus asuransi cash, proyek fiktif, dan lain-lain," katanya.

BACA JUGA:
Usulan Pemko Medan Tambah 33 Truk Sampah Disetujui Dewan

Sedangkan Direktur Utama PT. Bank Sumut Rahmat Fadillah Pohan menuturkan, dalam rangka pencegahan korupsi, pihaknya telah melakukan penandatangan fakta integritas kepada seluruh karyawan hingga menetapkan tata kelola yang dilakukan sebelum ia diangkat sebagai Direktur Utama.

"Selain itu, kami juga telah memperkuat upaya pencegahan korupsi, khususnya terhadap kredit macet, kemudian juga lintas pos, dan lintas divisi kami juga telah diperkuat lagi," kata Rahmat.


Vidcom rapat koordinasi dan monitoring pencegahan korupsi di Bank Sumut bersama KPK, ini diikuti oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajeckshah.

Penulis: DR Berita

Editor: Admin