Kerah Putih

Jaksa Tahan 3 Tersangka Korupsi Jalan Lingkar Kota Tanjungbalai

DR Berita
Foto: Istimewa

Salah satu tersangka saat digiring ke rumah tahanan Polres Tanjungbalai.

DRberita.com | Kejaksaan Negeri Tanjungbalai Asahan menahan 3 dan 4 tersangka korupsi jalan lingkar Kota Tanjungbalai, tahun anggaran 2018, Rabu 17 Februari 2021.


Ketiga tersangka yang ditahan yaitu EH Direktur PT Della Ufaira, AKG Direktur CV Dexa Tama Consultants, MSL Direktur CV Tiga Dimensi.



Kasi Intelijen Kejari Tanjungbalai Asahan, Dedy Saragih mengatakan tiga dari 4 tersangka sudah ditahan berdasarkan sprindik nomor: 01,02/L.2.1.7 /Fd.2 /2019 tertanggal 8 Oktober 2019.


BACA JUGA :Jabiat dan Sardo Tersangka Korupsi Bansos Covid-19 di Samosir


"Masing masing tersangka menyerahkan seluruh pekerjaan kepada pihak lain, ini tidak sesuai mekanisme pengadaan barang jasa. Ditemukan adanya kegagalan konstruksi serta kekurangan volume pada pekerjaan tersebut, menyebabkan kerugian negara sebagaimana LHP BPK RI tahun 2019 sekira Rp 800 juta lebih," ujarnya.



"Angka kerugian ini berpotensi akan bertambah karena penyidik dan BPK masih terus berkoordinasi melakukan audit keseluruhan pekerjaan," sambung Dedy.


Objek korupsi yang ditangani Kejari Tanjungbalai Asahan yaitu kegiatan peningkatan jalan dengan konstruksi hotmix ruas jalan lingkar STA 7+200-7+940 senilai Rp 3,2 miliar yang dikerjakan PT Citra Mulia Perkasa Abadi dengan ADS sebagai direktur, dengan kekurangan volume pekerjaan Rp 300 juta lebih.



Kemudian, kegiatan peningkatan jalan dengan konstruksi hotmix ruas jalan lingkar utara STA 7+940-9+830 senilai Rp 8,2 miliar yang dikerjakan PT Fella Ufaira dengan EH sebagai direktur, dengan kekurangan volume pekerjaan Rp 400 juta lebih.


BACA JUGA :Jaksa Panggil 46 Saksi Dugaan Korupsi Covid-19 Dinkes Padangsidimpuan


"Dari empat tersangka hanya tiga yang ditahan usai pemeriksaan. Satu tersangka lagi akan dipanggil dan juga dilakukan penahanan. Ketiga tersangka kita dititip di rumah tahanan Polres Tanjungbalai. Tidak tertutup kemungkinan tersangka bertambah," tandas Dedy.




art/drb

Penulis: Muhammad Artam

Editor: admin