Kerah Putih

Dewan Pengawas PDAM Jadi Komisaris di PT. TLM, Ada Apa?

DR Berita
Foto: Muhammad Artam

Tower air PDAM Tirtanadi.

DRberita.com | Seorang Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi menjadi Komisaris di PT. Tirta Lyoinnaise Medan atau TLM. Ada apa? Dewan Pengawas itu bernama Iqbal Hanafi Hasibuan.


Ketua Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi R. Sabrina ketika dikonfirmasi awalnya mengaku tidak mengetahui.


BACA JUGA :4 Ruko Terbakar di Jalan Japaris Medan Diduga Lokasi Industri Ilegal


Selang beberapa jam kemudian, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, itu lalu membenarkan. "Iya benar," jawab Sabrina dari pesan whatapp, Rabu 14 April 2021.



Namun Sabrina tidak mau menjelaskan apa dasar hukum Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi bisa menjadi komisaris di PT. TLM yang merupakan perusahaan mitra kerja BUMD milik Pemprovsu tersebut.



Sabrina juga tidak menjawab ketika ditanya kembali apakah penetapan Dewan Pengawas Iqbal Hanafi Hasibuan menjadi Komisaris PT. TLM diketahui dan disetujui oleh pemilik saham PDAM Tirtanadi, yaitu Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.


Informasi diperoleh DRberita.com, mengatakan penetapan Iqbal Hanafi Hasibuan menjadi komisaris PT. TLM dilakukan oleh 3 direksi PDAM Tirtanadi, seblum Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menetapkan dan melantik Direktur Utama Kabir Bedi.


BACA JUGA :DPRD Desak Bobby Tindak Bangunan Bermasalah Milik Mentari Grop di Medan Timur


Penempatan Dewan Pengawas Iqbal Hanafi Hasibuan menjadi komisaris diduga untuk "mengamankan" pembelian air curah dari PT. TLM sebanyak 400 liter per detik oleh PDAM Tirtanadi yang diduga mark up.


Halaman :
Penulis: Arief

Editor: admin