Kerah Putih

Baguna PDIP Desak Polda Sumut Tuntaskan Kasus Dugaan Korupsi BOT PDAM Tirtanadi

DR Berita
Foto: Muhammad Artam

Tower PDAM Tirtanadi

DRberita.com | Kepala Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP Padang Lawas (Palas) Rizky Hasibuan mendesak Polda Sumut menuntaskan penyidikan kasus dugaan korupsi BOT PDAM Tirtanadi dengan PT. TLM.


Ketua organisasi badan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini prihatin dengan nasib Pemprov Sumut yang akan merugi ratusan miliar pada tahun 2026 akibat BOT tersebut.



"Kita ingin Polda Sumut menuntaskan kasus tersebut, sesuai dengan temuan BPK RI tahun 2018. Karena Pemprov Sumut tahun 2026 terancam merugi akibat kehilangan aset PT. TLM dari BOT 25 tahun," ujar Rizky di Medan, Rabu 9 Juni 2021.


BACA JUGA :Pimpinan KPK Cengeng Seperti Anak Kecil


Diketahui, Polda Sumut akhir 2018 telah melakukan penyelidikan dugaan korupsi Build Operate Transfe (BOT) PDAM Tirtanadi dengan PT. Tirta Lyonnaise Medan (TLM) dengan kapasitas 500 liter per detik berakhir 2026. Namu, tahun 2018 dilanjutkan penandatanganan BOT dengan menambah 400 liter per detik.


Rizky menilai, kebijakan perepanjangan BOT ini merugikan Pemprov Sumut yang akan miliki aset ratusan miliar dari PT. TLM yang berakhir 2026.



Tidak itu saja, kata Rizky, temuan BPK RI sangat jelas memerintahkan penyelesaian temuan BOT ini sesuai hukum dan peraturan perundang undangan.



"Tidak salah jika kita meminta ketegasan dari Kapolda Sumut Irjen Pol. Panca Putera dalam kasus dugaan korupsi BOT PDAM Tirtanadi dengan PT. TLM. Sebagai kader PDIP saya juga memilik tanggung jawab atas keberlangsungan BUMD di Provinsi Sumatera Utara berjalan dengan sehat," tegas Rizky.


BACA JUGA :Jokowi Restui Revisi UU ITE: Pasal 27, 28, 29, dan 36
BACA JUGA :Setelah Dampingi Uno, Gubsu Makan Siang Dengan UAS di Rumah Dinas
BACA JUGA :Ungkap Skandal Mesum di Rumah Dinas Karutan, Relawan Bobby Nasution Diteror OKP


Dalam waktu dekat, lanjut Rizky, pihaknya akan melakukan aksi damai ke Polda Sumut dan kantor PDAM Tirtanadi untuk mendukung penuntasan kasus dugaan korupsi tersebut.


"Kita akan melakukan aksi mendukung Polda Sumut menuntaskan dugaan korupsi PDAM Tirtanadi, dan meminta pemilik saham PDAM bersikap tegas dalam kasus temuan BPK RI ini," tandasnya.


Penulis: Muhammad Artam

Editor: admin