Kerah Putih

Bupati Tapteng Kena Demo Kasus Suap Akil Muchtar

DR Berita
drberita/istimewa
PB Alam Aksi demo di Polda Sumut.
DRberita | Pengurus Besar Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Anti Korupsi (PB Alam Aksi) mendesak Polda Sumut mengusut kembali kasus suap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Muktar diduga melibatkan Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bachtiar Ahmad Sibarani.

Desakan itu disampaikan PA Alam Aksi pada aksi unjuk rasa di Polda Sumut, Jalan SM. Raja, Medan, Selasa 10 September 2019.

"Suap yang dilakukan Bonaran Situmeang kepada Akil Mochtar terkait sengketa Pilkada  Tapanuli Tengah tahun 2011 lalu diduga melibatkan Bakhtiar Ahmad Sibarani. Bonaran Situmeang memberikankan uang kepada Akil Mochtar melalui Bachtiar Ahmad Sibarani," ujar Korlap Arhan.

Arhan membeberkan Bachtiar Ahmad Sibarani dalam kasus suap itu bertindak sebagai makelar kasus dengan uang Rp 1,8 miliar, untuk mengamankan kemenangan Bonaran Situmeang di Pilkada Tapteng.

Suap terhadap Akil Mochtar dimaksud untuk mempengaruhi putusan sengketa Pilkada Tapteng yang berperkara di MK. Bonaran Situmeang dan Akil Mochtar telah mengakui di pengadilan tipikor Jakarta adanya  keterlibatan Bachtiar Ahmad Sibarani.

"Pengakuan Akil dan Bonaran di persidangan, uang suap Bachtiar Ahmad Sibarani dan buktinya terlihat ada transaksi di rekening banknya," terangnya.   

"Bachtiar Ahmad Sibarani saat itu menjabat anggota DPRD Tapteng. Saat ini Bachtiar Ahmad Sibarani menjabat Bupati Tapteng dan masih bebas berkeliaran seakan kebal hukum," papar Arhan.

Setelah beberapa lama berorasi akhirnya massa diterima perwakilan Polda Sumut Kompol Edi Saputra, dan berjanji akan menyampaikan aspirasi mereka ke pimpinannya. "Aspirasi ini segera saya sampaikan ke pimpinan saya," ucap Edi.

Massa dari PB Alam Aksi yang sudah diterima pihak Poldasu kemudian melanjutkan aksinya ke Kejatisu, Gubsu dan DPRD Sumut. (art/drc)


Editor: admin