Kerah Putih

2 Mantan Anggota DPRD Sumut Akui Terima Uang Suap Ratusan Juta

DR Berita
Foto: Istimewa

Sidang virtual di Pengadilan Tipikor Medan

DRberita.com | Dua mantan anggota DPRD Sumut, Robert dan Layari mengaku menerima uang suap ratusan juta dari mantan Gubernur Gatot Pujonugroho di Pengadilan Tipikor Medan, Senin 8 Februari 2021.


Kedua mantan anggota DPRD Sumut Robert Nainggolan, Layari Sinukaban, itu terduduk sebagai terdakwa dalam persidangan yang berlangsung secara virtual diketuai Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Medan Immanuel Tarigan.



Dalam keterangan, Robert Nainggolan mengaku menerima uang sebesar Rp 327.500.000, dan seluruhnya sudah dikembalikannya ke rekening KPK.


BACA JUGA :Jadi Terdakwa, Mantan Ketua PDIP Sumut Akui Sudah Kembalikan Uang Suap


"Yang pertama 50 (juta) dan yang kedua 50 (juta) dari Ali Nafiah, total yang diterima Rp 327.500.000, dan sudah dikembalikan seluruhnya ke rekening KPK," kata Robert.


Ketika ditanya penuntut umum KPK tentang ucapan saksi Ali Nafiah Nasution yang menyebutkan terdakwa Robert menerima lebih dari Rp 300 juta, Robert pun mengaku tidak tahu.



Sementara, Layari Sinukaban mengtakan dirinya baru mengetahui adanya aliran dana dari Pemprov Sumut sejak ia ditahan KPK.


"Setelah saya di KPK baru saya tahu pak, Rp 377.500 juta itu baru diketahui uang dari Pemprov," katanya.


BACA JUGA :Komunitas Peci Biru: Moeldoko Lebih Baik Fokus Bantu Jokowi


Usai memberikan keterangan kepada majelis hakim, kedua terdakwa meminta hakim memberikan keringanan hukuman. Keduanya juga menyatakan tidak menghadirkan saksi untuk meringankan.



Sebelumnya, dalam dakwaan penuntut umum KPK, kasus Tipikor ini berkaitan suap mantan Gubernur Sumut Gatot Pujonugroho kepada 14 mantan anggota DPRD Sumut periode 2009-2014.


Masing-masing ke 14 mantan anggota DPRD Sumut didakwa menerima suap berkaitan pengesahan APBD Provinsi Sumut tahun 2014 dan pengesahan APBD Provinsi Sumut tahun 2015 dengan nominal Rp 400 hingga Rp 700 juta per orang.



Berikut 14 mantan anggota DPRD Sumut yang didakwa menerima suap oleh KPK, masing-masing terdakwa Nurhasanah, Jamaluddin, Ahmad Husen, Sudirman Halawa, Ramli, Irwansyah, Megalia Agustina, Idah Budi Ningsih, Samsul Hilal, Muliani, Robert Nainggolan, Layari Sinukaban, Jaforman Saragih dan Rahmad Pardamean Hasibuan.


BACA JUGA :Ayah Wakil Gubernur Sumut Akan Sumbang Rp 50 Miliar Untuk Menara Masjid Agung Medan




art/drb

Penulis: Arcito

Editor: admin