Kerah Putih

Kombes Rony Bantah Periksa Rektor UIN Sumut, Tetapi...

DR Berita
istimewa

Rektor UIN Sumut Prof. Saidurrahman.

DRberita.com | Direktur Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Sumut Kombes Pol Rony Samtana membantah ada memeriksa Rektor Univiersitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut) Prof. Saidurrahman.

Tetapi Rony memastikan bahwa penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi gedung mangkrak di UIN Sumut senilai Rp 45,7 miliar terus berjalan dengan baik.

"Jadi memang minggu ini kami tidak ada permintaan keterangan terhadap Rektor UINSU," ucap Rony melalui pesan WhatsApp, Jumat 22 Mei 2020.

"Kemudian, untuk penyelidikan dugaan TPK pada pembangunan gedung perkuliahan UINSU hingga saat ini berjalan dengan baik. Para pihak telah kita minta keterangan termasuk ahli," sambungnya.

Baca Juga: 16 Pemda di Sumut Minta Paket Sembako Covid-19 Diganti Dengan Uang

Rony juga meminta dukungan masyarakat agar penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi gedung mangkrak di UIN Sumut, selesai ditangani. "Mohon doa dan dukungannya aja ya, semoga tidak ada hambatan," kata Rony.

Sebelumnya, pada Senin 18 Mei 2020, Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan kepada wartawan mengatakan, dugaan tindak pidana korupsi pembangunan gedung kuliah terpadu UIN Sumut senilai Rp 45,7 miliar masih dalam tahap penyelidikan.


"Masih tahap penyelidikan, Rektor UINSU Prof. Saidurrahman sudah dimintai keterangannya sebagai saksi pekan lalu termasuk puluhan saksi," ujar MP Nainggolan, dikutip medanposonline.com.

Baca Juga: Minyak Atsiri (Eucalyptus) Milik PT. TPL Diyakini Mampu Bunuh Virus Corona

Kamis 21 Mei 2020, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja membantah isu yang beredar berkaitan pemanggilan Rektor UIN Sumut untuk diperiksa terkait kasus belum selesainya gedung kuliah di kampus UINSU Medan Jalan Willem Iskandar Medan.

"Tidak ada pemeriksaan Rektor UINSU, mana mungkin diperiksa, ini suasana mau lebaran dua hari lagi ke depan," kata Tatan Dorsan Atmaja, dikutip asaberita.com.

Sementara itu, Kapolda Sumut Irjen Pol. Martuani Sormian dikonfirmasi berjanji akan memantau perkembangan penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi gedung mangkrak di UIN Sumut senilai Rp 45,7 miliar.

"Terima kasih akan saya cek perkembangannya, sebaiknya tanyakan dengan Dir Krimsus," kata Irjen Sormin. (art/drb)

Penulis: Arief Tampubolon

Editor: Gambrenk