Hukum

Viral di Medsos Minta Uang PP ke Pengangkutan Bawang, Gardan Sianturi Ditangkap Polisi

DR Berita
Istimewa

Gardan Sianturi diperiksa di Polsek Medan Timur

DRberita.com | Pria yang viral di media sosial (Medsos) karena memalak supir pengakut bawang, akhirnya ditangkap Unit Reskrim Polsek Medan Timur, Selasa 27 Juli 2021.

Pelaku Gardan Sianturi (33) mengakui perbuatannya. Dengan sengaja meminta uang kepada supir yang sedang memuat bawang di Jalan Vetaran/Pasar Sambu Medan.

Baca Juga :UPZ Bank Sumut dan DDW Salurkan 1.000 Karung Beras Untuk Warga Terdampak PPKM

"Iya pak, perbuatan saya salah. "Saya minta uang Rp 5 ribu untuk administrasi ormas PP," ucap Gardan kepada polisi.

Aksi pengli Gardan terhadap para supir di sepanjang Jalan Veteran sudah berlangsung lama, sebelum video viral terjadi. Tapi ia mengaku mengantikan ketuanya.


"Baru dua hari ini saya pak, gantikan ketua, sebelumnya bukan saya. ya pak, uangnya saya setor untuk ormas pak," sebutnya.

Baca Juga :Ombudsman Pastikan Dinas PKPR2 Medan Maladministrasi RTH Asoka

Gardan tidak sadar aksi punglinya direkam dengan handpone. "Saya tidak tau direkam oleh toke bawang (Awi)," katanya.


Setelah video pungli viral di media sosial pada Selasa 20 Juli 2021, personil Unit Reskrim Polsek Medan Timur langsung mengejar. Setelah beberapa hari, akhirnya petugas menangkap Gardan di Jalan Ayahanda Medan.

Kapolsek Medan Timur Kompol M. Arifin didampingi Kanit Reskrim Iptu Jefri Simamora mengatakan pelaku saat ini sedang dimintai keterangan. "Sudah kita amankan. Saat ini pelaku sedang diproses," ucapnya.

Baca Juga :Impian Taufiq Bakal Kesampain Bertemu AKP Ali Umar

Berdasarkan data yang didapat dari lapangan, Gardan diketahui sudah serinng memintai uang kepara supir di Jalan Veteran. "Kita duga bukan hanya sekali saja, tapi sudah sering," kata Arifin.

Halaman :
Penulis: DR Berita

Editor: Admin