Hukum

Ternyata Rektor Minta BNN Gerebek Kampus USU

DR Berita
Dokumen USU

Temu pers rektorat USU

DRberita.com | Pihak rekterot Universitas Sumatera Utara (USU) angkat bicara terkait penggerebekan di lingkungan kampus tersebut oleh BNN Provinsi Sumatera Utara.


Wakil Rektor I dan V, Kepala HumasPromosi dan Protokoler, Kepala Biro Aset dan Usaha, serta Kepala Keamanan USU, memberikan press release, Senin 11 Oktober 2021. Turut hadir Kepala BNN Provinsi Sumatera Utara Brigjen Pol Toga Habinsaran Panjaitan.

Wakil Rektor I USU, Edy Ikhsan membenarkan razia penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di lingkungan USU oleh BNN Provinsi Sumut. Menurutnya, razia merupakan rangkaian persiapan pembelajaran tatap muka yang akan digelar dalam waktu dekat.

BACA JUGA:
Sidang MK, Presiden: Dewan Pers Hanya Fasilitator

"Kita sedang mempersiapkan pembelajaran tatap muka, yang akan digelar paling cepat semester selanjutnya. Salah satunya kita ingin memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang terindikasi ada di lingkungan USU," kata Edy Ikhsan.

Ia menambahkan jika hal tersebut merupakan hasil koordinasi antar kedua pihak. Sebelumnya, USU mengirimkan surat kepada BNN Provinsi Sumatera Utara untuk dilakukan penyisiran di lingkungannya.


"Ini merupakan hasil koordinasi kita dengan BNN Provinsi Sumatera Utara, karena sebelumnya kita sudah mengirimkan surat agar dilakukan penyisiran di lingkungan USU," sebut Edy.

BACA JUGA:
Soal Penutupan ITM: Membunuh Tikus Seharusnya Tidak Membakar Lumbung

Edy Ikhsan memaparkan jika USU memiliki aturan yang mengatur sanksi yang diberikan kepada mahasiswa yang menghadapi persoalan hukum. Ia menyebutkan, mahasiswa yang dijatuhi hukuman minimal dua tahun akan langsung di Drop Out (DO). "Sesuai peraturan rektor, mahasiswa yang nantinya dijatuhi hukuman minimal dua tahun, akan langsung kita pecat," ujarnya.


Ia juga menegaskan jika USU tidak akan melakukan intervensi dalam proses hukum yang berjalan. Hal tersebut sebagai komitmen USU untuk memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di lingkungan USU.

Wakil Rektor V, Luhut Sihombing menjelaskan jika pihak USU akan melakukan evaluasi terhadap akses masuk yang berada di USU. Meskipun USU menerapkan pembelajaran dari rumah, namun beberapa kegiatan akademik masih di lakukan di USU.

Halaman :
Penulis: DR Berita

Editor: Admin