Hukum

Seluruh Pegawai Rutan Perempuan Kelas IIA Medan Tes Urine

DR Berita
Foto: Istimewa

Pegawai rutan perempuan antri untuk tea urine.

DRberita.com | Untuk memastikan bebas dari peredaran narkoba, seluruh pegawai Rutan Perempuan Kelas IIA Medan, menjalani pemeriksaan urien, Rabu 3 Maret 2021.


Kegiatan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) ini dilaksanakan sesuai Intruksi Dirjen Pemasyarakatan agar seluruh Lapas/Rutan mendeteksi dan mengantisipasi perederan narkoba.



Kepala Rutan Perempuan Kelas IIA Medan Ema Puspita mengatakan tes urine yang dilaksanakan tetap mengikuti protokol kesehatan.


BACA JUGA :KPK Periksa Dirjen Pajak, Ali Berharap Publik Paham


"Menggunakan alat pelindung diri, sarung tangan bagi petugas pemeriksa, peserta mengenakan masker, menjaga jarak serta penggunaan hand sanitizer sebelum dan sesudah pengambilan sample urine," ujar Ema.


"Sedangkan, alat yang digunakan mempunyai parameter pendeteksian berbagai jenis narkoba, diantaranya metamhetamine, Cocain (COC) dan K2 (Ganja Sintetis)," sambungnya.



Menurut Ema Puspita, kegiatan ini salah satu bukti Rutan Perempuan Kelas IIA Medan tetap anti terhadap narkoba.


BACA JUGA :Ini 27 Nama Pejabat Eselon 3 Dilantik Gubsu, Toman dan Nirma "Terbang" dari DPRD Sumut


Ia menegaskan tes urine akan terus dilaksanakan secara berkala sebagai upaya nyata pembersihan lingkungan rutan dari bahaya dan penyalahgunaan barang haram musuh bangsa.



"Kami berkomitmen terus melakukan aksi P4GN secara mutlak di dalam rutan, sehingga Rutan Perempuan Medan ini harus tetap bebas dari narkoba. Karena itu, mari kita bersama-sama melakukan pencegahan narkoba secara sungguh-sungguh dan bertanggung jawab," pungkas Ema.


Dari 58 pegawai, sebanyak 48 orang menjalani tes, lantaran 4 orang cuti dan 6 orang lainnya tidak hadir. Namun mereka tetap melaksanakan tes urine selanjutnya.



BACA JUGA :Bertemu Menteri ATR, Komjen Agus Perkenalkan Diri Sebagai Kabareskrim

Penulis: Avid

Editor: admin