Hukum

Sambut New Normal, Irjen Martuani Akan Bentuk 'Kampung Paten' di Sumut

DR Berita
Bambang

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin bersama Gubernur dan Pangdam I BB Mayjen TNI MS. Fadhillah.

DRberita.com | Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin memastikan semua pihak sudah memahami apa yang harus dilakukan dalam transisi menyambut tantanan hidup baru atau new normal.

"Sebenarnya Kita sudah faham apa yang seharusnya dilakukan, karena hal tersebut menyangkut kebiasaan," kata Irjen Martuani dalam pertemuan bersama 65 perwakilan dunia usaha di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, Jala Jend. Sudirman No.41 Medan, Selasa 16 Juni 2020.


Namun, kata Martuani, masyarakat khususnya di Sumatera Utara masih banyak yang salah kaprah mengartikan New Normal sebagai perlakuan normal.

Baca Juga: Edy Bahas Konsep New Normal Bersama Perwakilan Dunia Usaha di Sumut

Dalam menyosialisasikan kebiasaan penerapan protokol kesehatan, lanjut Martuani, pihak Polda Sumut akan membentuk atau lounching 'Kampung' yang namanya identik dengan istilah Sumut.

"Seperti 'Kampung PATEN' yang tujuannya untuk mengedukasi masyarakat dalam penerapan New Normal," sebut Martuani.


"Pembatasan jumlah pengunjung di lokasi usaha, juga harus diperhatikan jangan sampai ada kerumunan pengunjung dalam satu tempat. Pihak Polda akan terus melakukan monitoring bagi pelaku dan lokasi usaha dalam penerapan protokol kesehatan," sambungnya.

Martuani juga mengingatkan agar dunia usaha harus menggulirkan sosialisasi dan edukasi bagaimana menuju tatanan normal baru.


"Kami (TNI/Polri/Satpol PP) juga meminta tempat dalam membantu penerapan disiplin di lokasi usaha, seperti pasar, mall dan lainnya," katanya.

Baca Juga: Aminullah Laporkan Dugaan Pungli & TPPU Walikota Sibolga ke KPK

Mudah-mudahan, lanjut Martuani, apa yang menjadi harapan Pemerintah Sumut dapat didukung oleh semua dunia usaha dalam menerapkan kehidupan di tatanan normal baru.


(art/drb)

Penulis: Bambang

Editor: Bornok