Hukum

Puluhan Kafe dan Lokasi Hiburan Malam di Medan Terkena Razia Masker

DR Berita
Foto: Istimewa

Tim gabungna razia masker di Kota Medan.

DRberita.com | Puluhan kafe dan lokasi hiburan malam di Kota Medan, terkena razia masker oleh tim terpadu monitoring penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19 Medan, Binjai dan Deli Serdang (Mebidang).


Teguran tertulis pun berikan kepada pemilik kafe dan lokasi hiburan malam, Jumat 18 September 2020 malam.



"Ada tiga tim dan targetnya kafe serta lokasi hiburan malam. Ada sepuluh yang diberi teguran tertulis karena tempat usahanya tidak menerapkan protokol kesehatan. Seperti tempat duduk yang masih rapat, tidak ada fasilitas cuci tangan bahkan pengunjung datang tidak pakai masker," kata Wakil Ketua Tim Monitoring Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 Kolonel Inf Azhar Mulyadi, usai operasi.


Baca Juga :Gugus Tugas Covid-19 Diminta Tegas Isolasi Pejabat Kembali Perjalanan dari Jakarta


"Hiburan malam ada dua yang mendapat teguran tertulis, kalau warga lebih seratusan orang. Tampaknya di malam hari masyarakat kita mulai enggan mengenakan masker, padahal masker itu wajib bila sudah berada di tempat umum," tambah Kolonel Azhar.


Azhar menambahkan patroli ini akan terus dilakukan hingga tingkat disiplin masyarakat akan protokol kesehatan terbentuk.



"Kita harapkan dengan operasi seperti ini, protokol kesehatan menjadi kebiasaan seharai-hari masyarakat kita sehingga angka penyebaran Covid-19 bisa ditekan," pungkas Azhar.


Dari 25 lokasi yang menjadi sasaran razia oleh Tim Monitoring Mebidang sedikitnya ada 10 tempat yang diproses BAP atau teguran, 50 orang terkena tindakan fisik, serta pembagian 462 masker gratis.




art/drb

Penulis: Prayoga

Editor: Bornok