Hukum

Polres Labuhanbatu OTT Ketua LSM, Ini Sebenarnya yang Terjadi

DR Berita
Darrenz Nababan

Bukti surat tanah



Ia juga menjelaskan, mereka memiliki bukti-bukti berupa surat-surat dan berkas lainnya yang menegaskan bahwa lahan seluas ± 10 hektar yang dikuasai oleh Mufti bersama Koperasi Maju Bersama Sejahtera Desa Aek Korsik.


BACA JUGA :Baguna PDIP Desak Polda Sumut Tuntaskan Kasus Dugaan Korupsi BOT PDAM Tirtanadi


"Semua berkas-berkas terkait kepemilikan tanah itu sudah kita kumpulkan. Seharusnya polisi bisa lebih profesional dalam menangani kasus ini, jika memang melakukan pemerasan, kan ada alasannya. Polisi juga harus selidiki tentang kasus penguasaan tanah milik Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara itu, " terang Parulian yang dikonfirmasi, rabu, 9 Juni 2021.


Salah satu berkas itu adalah Surat Setoran Pajak Bumi dan Bangunan (SSP PBB) yang dikeluarkan oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Rantauprapat. Di surat itu terlihat nama Disbun sebagai nama wajib pajak dengan nomor objek pajak 122408100790101211 dengan jumlah pembayaran Rp. 1.220.000.



"Kalau ini hanya kasus pemerasan, lantas mengapa unit yang menanganinya justru dari Unit Ekonomi Polres Labuhanbatu? Aneh, bukan?, " cetusnya sembari mengatakan bahwa lembaganya akan membuka persoalan kepemilikan lahan ini agar maayarakat tahu apa yang sebenarnya terjadi.


Informasi dihimpun wartawan, saat ini areal yang merupakan lahan milik Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara itu memang berada dalam penguasaan Mufti Ahmad Dalimunthe. Ia mengusahai tanah itu dengan mengorganisir sejumlah warga yang tergabung dalam Koperasi Maju Bersama Sejahtera.


BACA JUGA :ICW: TWK Pegawai KPK Untuk Amankan Harun Masiku


Dikonfirmasi selasa, 8 Juni 2021, Mufti mengakui bahwa lahan itu memang sudah diusahainya. "Ya, itu memang sudah kita usahai. Selama ini kan diterlantarkan. Jadi apa salahnya jika saya usahai bersama masyarakat, " jelas Mufti.



Mufti pun kemudian menunjukkan beberapa surat yang berkaitan dengan tanah itu. Satu di antaranya adalah sebuah Surat Keterangan yang diterbitkan oleh Pemerintah Desa Aek Korsik yang menerangkan bahwa tanah itu sudah dikuasai oleh Koperasi Maju Bersama Sejahtera.


Halaman :
Penulis: Darrenz Nababan

Editor: admin