Hukum

Polres Asahan Siapkan 83.917 Personil Amankan Operasi Lilin Toba 2020

DR Berita
Foto: Hendra Piliang

Forkapimda Asahan.

DRberita.com | Dalam Rangka Pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Polres Asahan menggelar apel gelar pasukan operasi lilin toba 2020 di Halaman Polres Asahan, Senin 21 Desember 2020.


Tampak hadir dalam acara kegiatan, Bupati Asahan, Kapolres Asahan, Danlanal Tanjungbalai Asahan, Danyon 126/KC, Ketua PN Kisaran, Perwakilan Dandim 0208/Asahan, OPD, Jajaran Polres Asahan, dan lainnya.



Kapolres Asahan, AKBP Nugroho Dwi Karyanto menyampaikan dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polri telah mempersiapkan 83.917 personel Polri, 15.842 personil TNI, serta 55.086 personil instansi terkait lainnya.


Baca Juga :4 Pimpiman LSM, OKP dan Ormas Sepakat Kawal Kebijakan Pemerintah Asahan


Personil tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar serta 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan dan tempat fasilitas umum lainnya.


Selain itu, beberapa penekanan yang harus dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas, yaitu siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME, lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat, tingkatkan kepekaan kewaspadaan dan kesiap siagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2020 dan perayaan Tahun Baru 2021.



Selanjutnya, melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sortasi dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy sistem, melaksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, mantapkan kerjasama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi serta tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran covid-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.


Baca Juga :BI Salurkan 300 Paket Sembako ke Warga Melalui DDW


Sebelum mengakhiri amanat, beliau mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personil dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam operasional lilin toba 2020, semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.



Dikesempatan ini Kapolres Asahan juga menyematkan pita ops lilin toba tahun 2020 kepada setiap perwakilan petugas pos lilin secara simbolis.



art/drb

Penulis: Hendra Piliang

Editor: admin