Hukum

Over Kapasitas, 60 Tahanan Rutan Medan Kembali Dipindahkan ke Humbahas

DR Berita
Istimewa

Theo Purba lepas 60 tahanan yang dipindahkan ke Rutan Humbahas.

DRberita.com | Sebanyak 60 orang warga binaan dari Rutan Kelas IA Medan, dipindahkan ke Rutan Kelas II B Humbang Hasundutan, Sabtu 24 Juli 2021 malam. Pemindahan dikarenakan over kapasitas.

Kepala Rutan IA Medan Theo Purba mengatakan pemindahan atau pemutasian warga binaan untuk menjaga keseimbangan kapasitas rutan.

"Rutan Medan berdaya tampung 1.250 warga binaan, namun kini telah terisi sebanyak 4.202 orang. Jumlah ini pun akan terus bertambah, karena setiap minggunya, pada hari Selasa dan Kamis, Rutan Medan tetap menerima tahanan baru dari kepolisian," ujarnya, Minggu 25 Juli 2021

Baca Juga :NasDem: Masyarakat Tidak Lagi Menjerit Tapi Sudah Menangis

Menurutnya, tambahan tahanan baru karena terus mengingat angka kriminal di tengah pandemi Covid-19. Sehingga terjadi kepadatan tahanan di sejumlah rumah tahanan kepolisian baik di level Polda, Polrestabes, hingga Polsek.


"Jadi, pemutasian ini upaya Rutan Medan untuk mengurangi over kapasitas tersebut. Juli 2021 ini saja Rutan Medan telah memindahkan sekitar 260 orang ke Lapas dan Rutan lainnya di wilayah Kemenkumham Sumut," kata Theo Purba.

Baca Juga :Relawan Bobby Nasution Minta Yasonna Laoly Copot Revanda Bangun

260 warga binaan yang dimutasi dari Rutan Medan yaitu 120 orang ke Rutan Humbahas, 30 orang ke Lapas Binjai, 60 orang ke Lapas Narkotika Langkat, da 50 orang ke Lapas Barus.

"60 orang tahanan yang dipindahkan tadi malam ke Rutan Humbahas, diberangkatkan naik dua truk tahanan rutan, dengan pengawalan personel Rutan Medan," kata Theo.

Penulis: DR Berita

Editor: Admin