Hukum

Ditangkap Dugem, 5 Anggota DPRD Labura Hanya Divonis Rehabilitasi

DR Berita
Poto: Istimewa

Anggota DPRD Labura ketangkap dugem di Kota Kisaran, Asahan.

DRberita.com | Lima orang anggota DPRD Labuhanbatu Utara (Labura) yang tertangkap dugem di salah satu hotel di Kota Kisaran, Asahan, hanya dijatuhi hukuman menjalani rehabilitasi.


Dilihat pada laman website sistem informasi penelusuran perkara (SIPP) Pengadilan Negeri Kisaran, Selasa 11 Januari 2022, kelima anggota DPRD ini dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana turut serta penyalahgunaan narkotika golongan I bagi diri sendiri.

BACA JUGA:
Songsong Desa Wisata, KTH Bakti Nyata Bentuk Kelompok UMKM Perempuan

Giat Kurniawan (PAN), M. Ali Borkat Sinaga (PPP) Jainal Samosir (Hanura) Khoirul Anwar Panjaitan (Golkar) bersama dua orang lainnya yang tertangkap bersama mereka, yakni Baginda Azmi Ansyari Sinaga dan Harry Irawan masing masing dijatuhi hukuman 5 bulan pidana penjara.


Selain itu, majelis hakim yang diketuai oleh Nelson Angkat ini juga memerintahkan para terdakwa untuk menjalani masa rehabilitasi medis dan sosial selama 6 bulan di Badan Narkotika Nasional (BNN) Deliserdang.


Sedangkan Pebrianto Gultom (Hanura) yang dalam kasus ini merupakan kedua kalinya tersandung kasus narkotika, majelis hakim hanya menjatuhkan hukuman lebih ringan 4 bulan dari tuntutan jaksa penuntut umum yang semula menuntutnya dengan pidana penjara 1 tahun.


Pebrianto divonis menjalani hukuman pidana penjara selama 8 bulan dan menjalani rehabilitasi di Lapas Labuhan Ruku selama 6 bulan yang diperhitungkan dengan masa pidana yang dijatuhkan.

BACA JUGA:
Tahun 2021, Dompet Dhuafa Waspada Salurkan Rp 4,5 Miliar Dana Ziswaf

Demikian amar putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Kisaran yang memutus perkara lima anggota DPRD Labura yang sempat menghebohkan dan menjadi perhatian publik nasional ini. Putusan ini dapat dilihat di halaman website sistem informasi penelusuran perkara Pengadilan Negeri Kisaran https://sipp.pn-kisaran.go.id/list_perkara.

Penulis: Darrenz Nababan

Editor: Admin