Hukum

Dapur Penyulingan Minyak Ilegal di Langkat Terbakar

DR Berita
Foto: Istimewa

Dapur penyulingan minyak mentah terbakar di langkat.

DRberita.com | Diduga alami kebocoran, dapur penyulingan minyak mentah (kondensat) ilegal milik Zulkarnain alias Gerandong (32) di Dusun V Air Panas, Desa Kwala Pesilam, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, terbakar, Senin 9 November 2020.


Peristiwa yang sempat menghebohkan warga sekitar tersebut terjadi sekira pukul 06.30 Wib, diduga berawal dari kebocoran pada alat penyulingan berupa drum saat proses pengolahan kondensat dengan menggunakan peralatan tradisional.



Akibatnya, api pembakaran langsung menyambar minyak yang tumpah dari drum dan dengan cepat menjilat ke seluruh lokasi penyulingan minyak yang letaknya tak jauh dari pemukiman warga sekitar.


Mengetahui kebakaran itu, warga dengan sigap berusaha memadamkan api yang sudah merembet ke seluruh dapur milik warga Desa Serapuh ABC, Kecamatan Padang Tualang, itu dengan peralatan seadanya dan api berhasil dipadamkan warga sekira 2 jam kemudian.


Baca Juga :Kapolri Diminta Bongkar Korupsi dan Suap BOS Afirmasi Pendidikan di Sumut


Kapolsek Padang Tualang AKP Tarmizi Lubis mengatakan bahwa dapur penyulingan minyak itu tak berizin alias ilegal. "Penyebabnya karena drum penyulingan bocor dan tak ada korban jiwa," kata Tarmizi melalui pesan WhatsApp, Selasa 10 November 2020.



Disinggung tentang izin operasinal dan penertiban dapur penyulingan minyak metah lainnya yang berada di Kecamatan Padang Tualang, AKP Tarmizi Lubis enggan berkomentar. "Pemiliknya (Zulkarnain) akan kita panggil," singkatnya.


Meskipun tak ada korban jiwa dalam peristiwa, setidaknya Zulkarnain mengalami kerugian materil yang ditaksir mencapai Rp 30 juta dan seluruh peralatan penyulingan miliknya hangus terbakar serta mengalami kerusakan berat.




art/drb

Penulis: Avid

Editor: Bornok