Hukum

Bupati Banjarnegara Dilaporkan ke Bareskrim Terkait Dugaan Rasis ke Luhut

DR Berita
Istimewa

Adlin Panjaitan di Bareskrim Polri.

DRberita.com | Buntut dugaan rasis yang dilakukan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono terhadap Menter Marves Luhut Binsar Panjaitan, yang menyudutkan Suku Batak kini berbuntut panjang.

BACA JUGA:
Yudha: Herri Fitnah Kader dan Pengurus Demokrat Sumut

Sekelompok pemuda dan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Pemuda mahasiswa Sumatera Utara (APARA) melaporkan kasus tersebut ke Bareskrim Polri, Rabu 25 Agustus 2021.

Adlin Panjaitan menyampaikan bentuk dari laporan ini adalah guna mewarning seluruh pejabat publik untuk tidak salah dalam menyampaikan hal yang dianggap bisa membuat kekeruhan di tengah masyarakat.


"Dalam Laporan tersebut kami meminta Bareskrim Polri untuk memproses dugaan rasis yang dilakukan oleh Bupati Banjarnegara (Budhi sarwono) terhadap Suku Batak dengan mengatakan Luhut Binsar Panjaitan sebagai Marga Penjait," ujar Adlin Panjaitan dalam konfrensi persnya.

BACA JUGA:
Formapera Minta Pemerintah Tegas Soal Pendidikan

Mahaiswa Pascasarjana Ilmu Komunikasi ini mengatakan dengan adanya laporan tersebut mengingatkan kepada seluruh pejabat publik baik itu dari level daerah bahkan di level provinsi untuk paham akan etika dalam penyampaian, bahkan penyebutan nama atau hal lainnya ke publik, jangan sampai menyinggung ras suku agama dan lainnya.

"Dan kemudian kami mengingatkan ketika Bupati Banjarnegara bapak Budhi Sarwono ada masalah pribadi dengan bapak Luhut Binsar Panjaitan lalu kemudian jangan sesekali membawa bawa atau membuat lelucuan terkait suku, ras dan lainnya," kata Adlin.

Penulis: DR Berita

Editor: Admin