Hukum

Status Internasional, Fasilitas Keimigrasian Bandara Silangit Dibenahi

DR Berita
drberita/istimewa
Bandara Silingat
DINAMIKARAKYAT - Divisi Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumut melakukan pembenahan fasilitas keimigrasian di Bandara Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) secara bertahap karena berstatus bandara internasional.

Bandara Silangit menjadi pintu gerbang wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Danau Toba. Hilir mudik warga negara asing dipastikan melalui bandara tersebut.

Bandara Silangit Internasional ‎Airport diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat, 24 November 2017.

Kepala Divisi Imigrasi Kemenkuham Sumut Sutrino mengatakan dalam sepekan Bandara Silangit Internasional terdapat 3 kali penerbangan dari Singapura. Seluruh penumpang ‎dari berbagai negara bertujuan untuk berwisata ke Danau Toba di Sumatera Utara.

"Airport itu sudah diresmikan Presiden menjadi Airport Internasional di Bandara Silangit. Seminggu 3 kali, Singapura-Silangit dan Silangit-Singapura. Dengan dibukanya penerbangan internasional mudah tahun ini dan tahun depan turis-turis asing, khusunya Danau Toba," ucap Sutrisno kepada wartawan, akhir pekan lalu.

Sutrisno memastikan Bandara Silangit Internasional Airport memberikan multi player efek kepada pihak terkait dan para turis asing. Ia mengklaim fasilitas imigrasi sudah tarap internasional. Namun, ‎fasilitas belum maksimal bila dilihat langsung.

"Untuk kami (imigrasi) dua konter kedatangan dan dua konter keberangkatan. Petugas kita selalu stand by di sana. Paling banyak ada 6 orang petugas. Karena tidak terlalu‎ banyak turis asing," ucap Sutrisno.‎

‎Bandara Internasional Silangit memiliki landas pacu dengan panjang 2.650 meter dan lebar 45 m sehingga bisa didarati pesawat jenis Boeing 737.‎ Silangit sebelumnya adalah bandara perintis dengan panjang runway 1.850 m dan lebar 30 m.

Dengan status bandara internasional, Pemerintah Pusat mengharapkan bisa menjaring wisatawan asal Hongkong, Taiwan, India dan Cina bagian Selatan untuk berkunjung ke Danau Toba. (art/drc)

Editor: admin