Hukum

Perayaan Natal 2017, Pengunjung di Rutan dan Lapas Masih Normal

DR Berita
drberita/ilustrasiPe
Perayaan Natal.
DINAMIKARAKYAT - Kunjungan liburan Natal di Rutan Tanjung Gusta Medan dan Rutan Labuhandeli masih dalam kondisi normal. Tidak terjadi adanya lonjakan kunjungan puluhan hingga ratusan orang.

"‎Untuk kunjungan masih dalam kondisi normal seperti biasanya. Namun kita tetap memberikan pelayanan terbaik kepada wargabinaan dan keluarga wargabinaan saat berkunjung," ucap Kepala Rutan Kelas IA Tanjung Gusta Medan Maju Amintas Siburian kepada wartawan, Selasa 26 Desember 2017.

Maju mengungkapkan kunjungan liburan Natal dari keluarga wargabinaan berbeda dengan liburan Hari Raya Idul Fitri yang bisa mencapai ribuan orang.

"Untuk kunjungan ini (Natal), berbedah sekali dengan kunjungan saat liburan Idul Fitri. Kunjungan masih dalam normal seluruhnya," jelasnya.

Rutan Tanjung Gusta Medan tetap memberlakukan pengaman selama kunjungan liburan Natal dengan berkordinasi kepada pihak kepolisia. "Kita dibantu dari kepolisian dari Polda Sumut dan Polsek Helvetia," tutur Maju.

Kepala Rutan Kelas IIB Labuhanseli Nimrot Sihotang juga mengakui hal yang sama‎. Ia memoerkirakan kunjungan menolanjak pada saat liburan tahun baru 2018. Saat ini kunjungan masih dalam kondisi normal.

"Masih sebatas normal. Liburan tahun baru, kemungkinan akan ada lonjakan kunjungan, nanti kita siapkan fasilitas maksimal untuk memberikan pelayanan kepada wargabinaan dan keluarganya," tutur Nimrot.

Dia menjelaskan pengamanan tetap dilakukan dengan standart operasional. Tidak ada bantuan dari pihak kepolisian.

"Petugas kita cukup. Namun kita sudah sampaikan pemberitahuan kepada Polri untuk liburan Natal ini untuk pengamanan bila mana dibantu untuk tambahan personil," tandasnya.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut memberikan remisi Natal 2017 kepada 1.992 Narapidana. Di antara jumlah itu, 61 orang langsung menghirup udara bebas dan merayakan Natal bersama keluarga.

Dengan rincian penerima remisi khusus (RK) 1 sebanyak 1.861 orang, RK 2 atau bebas langsung sebanyak 61 orang. Sedangkan ‎penghuni lapas dan rutan di Sumut per tanggal 21 Desember 2017 sebanyak 29.574 narapidana. (art/drc)

Editor: admin