Hukum

Kakanwil Kemenkumham Sumut Akui Kesulitan

DR Berita
ilustrasi
Tahanan.
DRBerita - Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumut Dewa Putu Gede mengatakan, ada 42 satuan kerja di wilayah Sumatera Utara, yang terdiri dari 39 lapas dan rutan. Ada 2 balai permasyarakatan yakni Medan  dan Sibolga serta 1 rumah penyimpanan barang sitaan (rupbasan) di Medan.

"Ini menjadi kesulitan besar bagi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut, karena menumpuknya barang-barang sitaan. Untuk Sumatera Utara hanya 1 Rupbasan," ujar Dewa saat mendampingi Gubsu Edy Rahmayadi di Rutan Kelas 1A Tanjung Gusta, Medan, akhir pekan 17 Agustus 2019.

Dewa juga mengakui soal masalah over kapasitas penghuni lapas dan rutan di Sumut. Tertanggal 16 Agustus 2019, penghuni lapas dan rutan di Sumut, berjumlah 34.439 orang. Padahal rutan dan lapas di Sumut hanya berdaya tampung 12.785 orang.

"Sehingga over kapasitas penghuni lapas dan rutan se Sumatera Utara sekitar 269 persen," sebutnya.

Dewa merincikan, dari 34.439 orang tahanan, terdapat narapida pria 23.441 orang, narapidana wanita 1.319 orang. Sedangkan untuk kapasitas tahanan pria 9.174 orang, dan wanita 385 orang.

Hal inilah yang menjadikan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut, kesulitan untuk melaksanakan pengawasan dan pembinaan, karena keterbatasan SDM dan sarana prasarana yang dimiliki. "Oleh karena itu perlu bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara," pinta Dewa.

Dari 39 lapas dan rutan yang ada di Sumatera Utara, warga binaan yang mendapat remisi umum dalam rangka HUT ke-74 Kemerdekaan RI, dan sebagian masa pengurangan pidana 1 sampai 6 bulan sebanyak 16.135 narapidana.

"Untuk remisi umum seluruhnya sebanyak 368 orang. Hari ini langsung bebas sebanyak 368 orang," kata Dewa. (art/drc)


Editor: admin