Hukum

Gara-gara Narapidana Mati, Kepala Rutan Dicopot

DR Berita
drberita/ilustrasi
Narapidana tewas.
DINAMIKARAKYAT - Kepala Rutan Kelas 2B Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumut, E Sumirto Simatupang dicopot, pekan lalu.

Pencopotan Sumirto ‎karena kematian Rahmadsyah Nasution (37) diduga mati dianiya oleh petugas sipir. E ‎Sumirto Simatupang diduga lalai dalam menjalani tugasnya.

"‎Hasil tim investigasi dari tim Inspektorat Kemenkuham Sumut, Kepala Rutan yang lama E Sumirto Simatupang dinonjobkan, digantikan Pelaksan Harian (Plh) Kepala Rutan, oleh Robison Perangin-angin," sebut Humas Kantor Wilayah Kemenkuham Sumut Josua Ginting kepada wartawan, kemarin 21 Mei 2017.

Josua mengatakan pencopotan atas kematian seorang napi kasus narkoba, hanya dilakukan terhadap Kepala Rutan. Sedangkan, Kepala Pengamanan Rutan ‎Kelas 2B Dolok Sanggul, masih dalam proses pemeriksaan dan hasilnya akan disampaikan tim investigasi.

"Untuk yang lain tidak. Namun, Jum'at dan Sabtu kemarin, ‎Sumirto Simatupang masih dilakukan pemeriksaan secara internal di Kantor Kemenkuham Sumut. Apa hasilnya, saya belum tahu," kata Josua Ginting.

Pencopotan ‎Sumirto menguatkan Rahmadsyah Nasution tewas diduga dianiaya.


"Indikasi ada pelanggaran, makanya dia (‎E. ‎Sumirto Simatupang) ditarik (copot) ke kantor wilayah. Kalau tidak ada indikasi pelanggaran, mengapa dia ditarik di wilayah atau dinonjobkan dari jabatan? Itu saja bisa dipikirkan," tegas Josua.

Sementara itu, kasus kematian napi kasus narkoba itu sudah diketahui oleh Menteri Kemenkuham RI ‎Yasonna Hamonangan Laoly sehingga dilakukan upaya lanjutan secara internal. Kasus ini tengah diproses oleh pihak kepolisian setempat.

"Kabar beredar kematian Napi itu sudah sampai sama bapak Menteri Kemenkuham di Jakarta," tutur Josua Ginting.

‎Kemenkuham Sumut menyerahkan seutuhnya proses hukum atas kematian tidak wajar terhadap napi itu kepada pihak kepolisian. Berdasarkan dari laporan keluarga korban, makam wargabinaan yang dihukum 4 tahun penjara itu dibaongkar.

Polisi melakukan pembongkaran pemakaman Rahmadsyah Nasution di tempat pemakaman umum (TPU) Muslim ‎di Jalan Kenari, Perumnas Mandala, Medan Sabtu 6 Mei 2017 lalu. Pembongkaran makan melibatkan tim forensik dari Rumah Sakit Bhayangkara Medan.‎

Rahmadsyah dilaporkan meninggal Selasa 25 April 2017. Jasadnya tiba di rumah duka di Lorong Sembilan, Desa Laut Dendang, Percut Sei Tuan, Rabu 26 April 2017. Hari itu juga jasadnya dimakamkan di perkuburan dekat Jalan Kenari, Perumnas Mandala. (art/drc)

Editor: admin