Hiburan

DKSU Dukung Wagub Sumut Pindahkan Taman Budaya ke PRSU

DR Berita
Istimewa

Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU).

DRberita.com | Ketua Umum Dewan Kesenian Sumatera Utara (DKSU) Baharuddin Saputra mengapresiasi dan mendukung rencana pemindahan Taman Budaya Sumatera utara (TBSU) oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU) yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan dalam persiapan perpindahan ke area Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Medan.

"Secara umum kami para seniman adalah mitra Pemerintah, sehingga mendukung apa yang akan dilakukan Pemprovsu," ujar Baharuddin kepada wartawan di Medan, Sabtu 27 Juni 2020.

Namun, kata Baharuddin, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari perpindahan tersebut, yang awalnya berada di tengah kota nanti akan pindah sedikit lebih jauh.

"Lalu yang paling penting adalah di PRSU belum ada panggung yang indoor, sehingga perlu untuk dilakukan sedikit pembangunan, jangan sampai Taman Budaya kita kalah dengan daerah lain," kata Baharuddin.

Baca Juga:
Perampok yang Bacok Ayah dan Anak di Medan Sudah Ditangkap


Sebelumnya, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah alias Ijeck meninjau langsung kesiapan pemindahan TBSU ke PRSU, Jumat 26 Juni 2020.

"Pemprov Sumut berencana untuk memindahkan UPT Taman Budaya yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan ke Pekan Raya Sumatera Utara. Tempatnya lebih baik, lebih luas dan lebih representatif untuk menampung karya dari para pegiat seni di Sumut," kata Ijeck di lokasi PRSU.

Ijeck melihat langsung kondisi gedung dan ruangan yang bakal dijadikan TBSU. "Harus ada ruang rapatnya, kalau perlu jebol dua ruangan menjadi satu untuk ruang rapat," perintahnya.

Pemindahan UPT Taman Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut dan BUMD Pembangunan Prasarana Sumatera Utara (PPSU) diharapkan dapat saling bersinergi untuk mengisi dan meramaikan PRSU.

Baca Juga:
Dua Hari Polisi Berjaga di Kantor PDAM Tirtanadi, Ada Apa?


Proses pemindahan, kata Ijeck, rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat. Untuk fasilitas pendukung, apa yang sudah ada di PRSU dapat digunakan para pegiat seni.

"Semoga ini menjadi semangat bagi kawan-kawan seniman untuk berkumpul dan berkreasi, sehingga ke depanya dapat mendukung pembangunan di Sumut. Venue untuk tempat pertunjukan outdoor maupun indoor saya rasa yang ada di PRSU lebih baik, bahkan untuk tempat latihan lebih luas di PRSU ini," kata Ijeck.


(art/drb)

Editor: Bornok

Sumber: Pers Rilis