Hiburan

Disbudpar Sumut Dukung AELI Tingkatkan SDM Desa Wisata

DR Berita
Istimewa

Avon Nasution bersama pengurus AELI Sumut

DRberita.com | Asosiasi Experiential Learning Indonesia (AELI) diminta untuk dapat meningkatkan SDM desa wisata, di Sumut, sehingga bisa lebih maju dan berdaya saing.


Hal itu dikatakan Plt. Kadis Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provsu Avon Nasution pada saat menerima audiensi pengurus AELI Sumut dipimpin Ketua Ali Ginting.

Didampingi Kabid Bina Objek Usaha Jasa Pariwisata Maike M. Ritonga, Avon menegaskan pentingnya menjaga protokol kesehatan selama kegiatan pendampingan.

Baca Juga :CIMB Niaga Syariah dan DDW Serah Terima Hewan Kurban Untuk Daerah Marginal

"Pemerintah pusat khususnya Kemenparekraf sekarang ini sedang menggenjot peningkatan kualitas desa-desa wisata," katanya.

Ia juga berharap kerjasama antara AELI dengan Disbudpar Sumut dapat terus dilakukan terutama di sektor usaha wisata buatan, dimana AELI merupakan organisasinya para provider dan fasilitator outbound.


"Sekarang lagi pandemi. Tentu tak banyak yang bisa kita lakukan, untuk menjaga agar Covid 19 tidak menular. Setelah ini nanti tentu banyak hal yang bisa kita kerjasamakan, sebagaimana dengan asosiasi lain di bidang kepariwisataan," ucapnya.

Baca Juga :Alasan PPKM Darurat, Penyidik Polres Sergai Batal Datang ke Ombudsman

Ketua DPD AELI Sumut Ali Wardhana Ginting didampingi Sekretaris Jhoni Bukit, Bendahara Juned Iskandar, dan Kabid Diklat M. Syafruddin memaparkan rencana aksi pendampingan peningkatan kualitas sumber daya manusia desa wisata.

Ada dua hal yang akan difokuskan yakni peningkatan kualitas kepemanduan wisata secara umum serta kemampuan merencanakan dan melaksanakan experiential tourism.

Baca Juga :Irjen Panca dan Kombes Tatan Dirsan Dapat Anugerah Jurnalis Award 2021

Ali jug mengharapkan Disbudpar Provsu mendukung AELI untuk mendorong semakin banyak fasilitator exeperiential learning (Fasel) yang bersertifikasi di Sumatera Utara. Ini merupakan amanah pemerintah melalui Kemenparekraf agar pelayanan dan kemampuan para fasiltator outbound yang disebut juga fasilitator EL (Fasel) ini memiliki standar yang sama sesuai tingkatannya baik Fasel Muda, Fasel Madya, maupun Fasel Utama.

"AELI tahun ini dipercaya untuk memberikan pendampingan peningkatan kualitas SDM di 3 desa wisata, sekaligus ditunjuk menjadi koordinator pendampingan 3 desa wisata di Sumut," katanya.

Penulis: DR Berita

Editor: Admin