Ekonomi

UKM Medan Deli Sebagai Pintu Masuk Pengusaha Kecil di Wilayahnya

DR Berita
Foto: Yudha EL

UKM Medan Deli

DRberita.com |Semakin menukik tajam kemerosotan ekonomi setelah dihantam pandemi Covid-19, membuat pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) kesulitan dalam memasarkan produknya.


Terbukti, mandegnya penjualan menyebabkan menurunnya pendapatan untuk menghidupi keluarga. Belum lagi menutupi biaya kebutuhan lainnya. Banyak pengusaha kecil dan menengah yang pasrah, hingga akhirnya gulung tikar.


Kasihan, 2 Abang Beradik Kedinginan Menahan Hujan di Samping Gedung DPRD Medan


Namun, hal tersebut menjadi dorongan semangat bagi Fery Suheri, selaku Camat Medan Deli menggeber program pemerintah lewat sentra UKM kecamatan. Dirinya memberikan arahan kepada para lurah dan staff serta pelaku usaha, untuk menginventarisir bérapa banyak pengusaha kecil di wilayahnya.



Melihat langsung bermacam usaha yang dipajang di stand UKM Kecamatan Medan Deli, dirinya meminta dibuat katalog untuk semua jenis usaha. Tujuannya tak lain adalah memudahkan para pengusaha itu sendiri, apabila ada konsumen yang hendak memesan langsung, baik dalam partai besar dan kecil.


"UKM ini dibuat untuk menjalankan program pemerintah. Juga sebagai pintu bagi pengusaha kecil untuk memasarkan dagangannya. Makanya, saya minta untuk membuat katalog agar mudah dilihat dan dipilih oleh konsumen. Setidaknya, usaha konvensional dengan layanan profesional," ujarnya.


Para konsumen bisa melihat dan memesan langsung apa pun yang diinginkan, baik dalam skala kecil dan besar. Ke depan, harapan semua pengusaha kecil dan menengah terbantu dan terbuka luas pemasarannya lewat sentra usaha kecil dan menengah ini.



Senada dengan Camat Medan Deli, Amruzal alias Wak Ulong, sependapat dengan hal yang dilakukan. Dengan adanya ini, pengusaha punya kesempatan besar untuk mendapat peluang memasarkan produksinya.


Bobby Nasution Diprediksi Tak Tahu Bangunan Perumahan di Tuasan Tanpa SIMB


Pengusaha keripik Wak Ulong dikelurahan Mabar, ini berterimakasih dengan cara yang dilakukan.


"Saya sepakat dengan apa yang diinginkan Pak Fery, bahwa sentra UKM Medan Deli ini sebagai pintu dan jembatan antara konsumen dan produsen. Kelak, ini akan berkembang dan maju," pungkasnya.


Penulis: Yudha EL

Editor: admin