Ekonomi

Seleksi Direktur Operasional Bank Sumut Harus Profesional

DR Berita
Poto: Istimewa

Bank Sumut

DRberita.com | Bursa calon Direktur Operasional Bank Sumut terus berhembus. Kali ini muncul desakan agar Gubernur Edy Rahmayadi menunjuk calon direktur dari kalangan internal perusahaan.


Usulan tersebut disampaikan oleh PW KAMMI Sumatera Utara dengan pertimbangan, direktur operasional yang baru bisa langsung melanjutkan program kerja perusahaan yang sempat tertunda.

Ketua Umum Pengurus Wilayah Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PW KAMMI) Sumut, Akhir Rangkuti mengatakan sebaiknya Direksi PT. Bank Sumut diangkat dari kalangan internal bank dan bukan dari lobi lobi politik. Jika dipimpin dari orang luar, Bank Sumut dipastikan akan sarat kepentingan politik penguasa sehingga membuat bank milik daerah ini gagal bertransformasi.

BACA JUGA:
Belum Ada Yang Menang di Musda Demokrat Sumut

Menurut Akhir Rangkuti, efek negatif jika Bank Sumut dipimpin oleh orang dari luar, maka direksi berpotensi merugikan perusahaan, karena rendahnya rasa memiliki dan loyalitas terhadap bank.

Sebelum menunjuk dirut yang baru, PW KAMMI Sumut pun meminta Gubsu Edy Rahmayadi membuka diskusi dengan stake holder terkait calon direktur operasional baru. Hal ini menurutnya penting agar terjadi sinergi antara pekerja dan direksi.


"Direksi yang baru nanti diharapkan bisa menciptakan dan menjadikan bank kebanggaan masyarakat Sumut ini sebagai perusahaan kelas dunia yang profesional dan bersih dari titipan politik," ujarnya.


Rapat Umum Pemegang Saham yang akan dilaksanakan dikhawatirkan akan menunjuk calon Direktur Operasional dari eksternal Bank Sumut. Sehingga berpotensi besar bank ini akan politis dan tidak mandiri dalam mengambil langkah langkah dan kebijakan.

BACA JUGA:
Ditangkap Dugem, 5 Anggota DPRD Labura Hanya Divonis Rehabilitasi

"Kami juga mendesak Kepala OJK Perwakilan Sumatera Utara profesional dalam melaksanakan seleksi yang bebas dari tekanan politik dari pihak mana pun yang punya kepentingan dalam penentuan Direksi Bank Sumut," tegas Akhir.

"Para kepala daerah sebagai pemegang saham harus selektif dalam pengusulan, dan khususnya Komisi C DPRD Sumut juga harus aktif menggunakan fungsi pengawasannya agar Bank Sumut lebih baik kedepannya," tutup Akhir.

Penulis: DR Berita

Editor: Admin