Ekonomi

Posisi Iqbal Hanafi Hasibuan di PT. TLM Bisa Bahayakan PDAM Tirtanadi

DR Berita
Foto: Muhammad Artam

Kantor PDAM Tirtanadi.

DRberita.com | Posisi Iqbal Hanafi Hasibuan di PT. Tirta Lyoinnaise Medan atau TLM sebagai komisaris bisa membahayakan PDAM Tirtanadi yang modalnya dari uang rakyat.


Sebagai Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi, Iqbal Hanafi Hasibuan seharusnya mengedepan integritas diri, bukan sebaliknya mengutamakan nafsu duniawi.


BACA JUGA :Mendadak, Dirut PT. Bank Sumut Meninggal


"Secara etik tentunya ini sangat tidak etis, sebab posisi pengawas akan bisa mempengaruhi kebijakan bisnis, apabila dia (Iqbal Hanafi Hasibuan) menjadi salah satu komisaris di mitra bisnis PDAM Tirtanadi. Tentunya ini akan mempengaruhi pelayanan publik yang diberikan PDAM Tirtanadi kepada masyarakat pelanggan air di Sumatera Utara," ujar Pengamat Anggaran dan Kebijakan Publik Elfanda Ananda, Kamis 15 April 2021.



Diketahui, PDAM Tirtanadi saat ini kerjasama pembelian air curah dari PT. TLM sebanyak 400 liter per detik dengan pembayaran hampir Rp 4 miliar perbulan. Namun, jumlah 400 liter per detik itu diragukan kebenarannya.



Menurut Elfanda, PDAM Tirtanadi bukanlah perusahaan murni bisnis yang mengutamakan keuntungan. Tetapi PDAM Tirtanadi adalah BUMD milik Pemprovsu, yang melekat fungsi sosialnya dengan memberikan pelayanan ditribusi air berkualitas sampai ke masyarakat.


"PDAM Tirtanadi dibiayai oleh uang rakyat yang setiap nilai rupiahnya harus bermanfaat untuk rakyat. Jangan sampai PDAM menjadi sapi perah yang dihisap keuntungannya lewat bisnis dengan mitra secara tidak sehat," cetusnya.


BACA JUGA :Wartawan Kepung Kantor Walikota Medan, Tantang Bobby Nasution Jawab Sikap Paspampres


Pengaruh pengawas sangat cukup besar dalam bisnis PDAM Tirtanadi dengan mitra kerja PT. TLM yang di dalamnya ada dewan pengawas Iqbal Hanafi Hasibuan yang ditetapkan sebagai komisaris.



Untuk itu, kata Elfanda, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, sebagai pemilik saham seharusnya segera mengambil langkah-langkah yang dapat menyehatkan PDAM Tirtanadi dari kondisi yang terjadi seperti saat ini.



"Agar perusahaan ini lebih sehat dalam berbisnis," tandasnya.

Halaman :
Penulis: Muhammad Artam

Editor: admin