Ekonomi

Posisi Indonesia Turun di World Bank, AHY: Mampukah negara ini menyelamatkan rakyatnya?

DR Berita
Istimewa

AHY

DRberita.com | Bank Dunia atau World Bank menurunkan posisi Indonesia dari kategori negara berpenghasilan menengah ke atas (upper middle income) pada 2019 menjadi negara berpenghasilan menengah ke bawah (lower middle income) pada 2020.

Posisi tersebut mendapat reaksi dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Ia pun mempertanyakan kemampuan negara menyelamatkan rakyat dari pandemi Covid-19.

Baca Juga :Jumpa Anggota DPRD Medan, Warga Lorong Murni Keluhkan Jalan dan Drainase Rusak

"Idealnya, kita selalu naik kelas. Jangan tinggal kelas, apalagi turun kelas. Masalah gentingnya, bukan di mana status kelas kita saat ini. Tapi, mampukah negara ini menyelamatkan rakyatnya dari Covid-19?" ucap AHY kepada wartawan, Rabu 7 Juli 2021.

AHY kemudian menyoroti kondisi pandemi Covid-19 yang semakin mengkhawatirkan. Ia pun mempertanyakan kapan pandemi Covid-19 di Indonesia akan berakhir.


"Hampir sekian menit sekali terdengar sirine kencang ambulans. Hampir sekian jam sekali terima berita duka dari yang kita kenal. Ini mengonfirmasi, setiap hari ada rekor baru, baik jumlah yang positif terpapar, maupun yang meninggal dunia. Sampai kapan Indonesia?" ujar dia.

Baca Juga :21.076 Warga Sumut Terpapar AIDS

Berangkat dari itu, AHY menegaskan bahwa Partai Demokrat berkomitmen untuk terus berjuang dalam membantu rakyat menghadapi pandemi Covid-19.


Catatan harian Covid-19 di Indonesia belum menunjukkan pelandaian bahkan kembali mencatat rekor. Per Rabu 7 Juli 2021, Satgas Covid-19 mencatat penambahan kasus baru sebanyak 34.379 pasien, membuat total kasus Covid-19 di RI menembus 2.379.397 kasus sejak awal pandemi.

Baca Juga :Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Deliserdang

Dalam laporan yang sama, juga tercatat penambahan rekor angka kematian sebanyak 1.040 pasien, membuat total angka kematian mencapai 62.908 orang. Sementara itu pasien sembuh bertambah 14.835 hari ini membuat total pasien sembuh sebanyak 1.973.388 orang.


Catatan ini melengkapi rekor yang sebelumnya tercipta sehari sebelumnya atau Selasa 5 Juli 2021. Kemarin, angka kasus covid-19 mencapai 31.189 kasus dalam 24 jam. Dalam kurun waktu yang sama juga ditemukan 15.863 kasus sembuh dan 728 kasus meninggal secara nasional.

Baca Juga :JKIP Minta Polisi Selidiki Gelar Drs Wagub Sumut

Pemerintah telah melakukan sejumlah jurus untuk berupaya menekan laju penularan covid. Salah satunya dengan memberlakukan PPKM Darurat untuk wilayah Jawa dan Bali hingga 20 Juli 2021. Sementara untuk wilayah di Luar Jawa-Bali diterapkan PPKM Mikro yang sedikit banyak regulasinya mirip dengan PPKM Darurat Jawa-Bali.

Penulis: DR Berita

Editor: Admin