Ekonomi

Perempuan di Mozambik Bisa Menari Indonesia, Musik Angklung Toel jadi Perhatian

DR Berita
Dokumentasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Maputo.

Sejumlah perempuan asal Mozambik menari Tarian Tradisional Indonesia.

DRberita.com | Musik Angklung Toel sukses terdengar di acara Mini Trade Expo di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Ibu Kota Mozambik, Baia Mall, Maputo 13-14 November 2021 kemarin.

Kebudayaan Indonesia itu kini kembali dikenalkan di Kota Matola, tepatnya di Novare Mall pada 27-28 November. Uniknya, para penari adalah perempuan asli Mozambik.

BACA JUGA:
Presiden, Bebaskan Segera Masyarakat Adat Tano Batak

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Maputo juga memperkenalkan budaya Indonesia dan tak lupa membawakan lagu dari Mozambik. Dalam pagelaran budaya asal Indonesia, KBRI menampilkan Tarian Jali-jali dan Tarian Papua yang dibawakan oleh remaja puteri asal Mozambik yang telah berlatih di Pusat Budaya Indonesia KBRI Maputo.

Duta Besar Indonesia untuk Mozambik merangkap Malawi, Herry Sudradjat mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk promosi kebudayaan dan produk ekspor Indonesia. Diplomatik budaya dan ekonomi itu terus dijalin serta dijaga terutama sejak akhir tahun 2020.


"Diharapkan melalui kegiatan promosi kebudayaan dan produk ekspor Indonesia ini akan semakin meningkatkan citra Indonesia maupun wawasan masyarakat Mozambik terhadap budaya Indonesia serta produk ekspor Indonesia.Kegiatan yang telah berlangsung selama dua hari kemain telah berhasil menarik ratusan pengunjung setiap harinya. Khususnya ketika pagelaran musik Angklung Toel dan Tarian Tradisional Indonesia di Atrium Plasa Novare Mall, Kota Matola,. Cukup mencuri perhatian penonton," ujarnya, Sabtu (27/11/2021).


Seorang pengunjung, Joao Fernando menyatakan rasa kagumnya atas penampilan Tari Jali-jali yang dibawakan oleh para penari asal Mozambik. Kemudian permainan Angklung Toel yang baru pertama kali dia lihat.

BACA JUGA:
Lansia Gembira Divaksin di Rumah, Walikota Siantar Teruskan Gerakan BIN

"Saya begitu tertegun melihatnya, kali pertama saya menyaksikan hal memukau seperti ini," katanya.

Untuk diketahui, Novare Mall adalah mal terbesar di Kota Matola, yakni salah satu kota besar di Mozambik. Lokasinya bersebelahan dengan Ibu Kota Negara, Maputo. Kecenderungan, di akhir pekan biasayan sekitar 9000an pengunjung bisa menghadiri pusat perbelanjaan ini. Bahkan pada Desember merupakan musim ramai yang bisa mencapai angka 12.000-an ribu jiwa.


Sedangkan Kota Matola memiliki populasi hingga 1juta jiwa dan merupakan kota yang tumbuh pesat di sisi ekonomi di Mozambik.

Penulis: DR Berita

Editor: Armand