Ekonomi

Pasar Aksara Medan Dibangun 859 Kios Dengan Konsep Gedung Hijau Untuk Pedagang Tradisional

DR Berita
Foto: Istimewa

Pembangunan Pasar Aksara Medan

DRberita.com | Pasar Aksara di Kota Medan, Sumatera Utara, yang sempat terbakar pada tahun 2016 lalu kini sudah dibangun kembali.



Rekonstruksi pasar mulai dibangun sejak 2019 oleh PT Citra Prasasti Konsorindo sebagai kontraktor pelaksana dengan progres pekerjaan saat ini sudah mencapai 62,56 persen.



Baca Juga :Tak Miliki Utang, Harta Kekayaan Ketum PDIP Rp 215 Miliar Lebih


Rekonstruksi pasar dikerjakan dengan mengedepankan konsep bangunan hijau sesuai Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penilaian Kinerja Bangunan Gedung Hijau.


Rekonstruksi dilakukan dengan meningkatkan fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat sehingga menjadi bangunan yang andal, bersih, tertata, dan lebih estetis (tidak kumuh).


Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan pasar tradisional merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada para pedagang, agar pemulihan ekonomi pasca Pandemi Covid-19 dapat berjalan lebih cepat.


Baca Juga :Edy Blak-blakan Sebut Sumut Peringkat ke 2 Daerah Terkorup


"Diharapkan, infrastruktur pasar yang berkualitas dapat dirasakan langsung manfaatnya, terutama menjamin distribusi bahan pokok dan turut menggerakan sektor riil atau UMKM yang merata hingga pelosok desa di seluruh Indonesia," kata Basuki, dalam siaran pers, Minggu 13 Juni 2021.



Rekonstruksi Pasar Aksara dilaksanakan Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya dengan mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2018.



Baca Juga :Debat Kebangsaan: Ketua KPK Mangkir dari Undangan HMI
Baca Juga :Tipikor Harus Tetapkan Mantan WR2 UINSU Jadi Tersangka Untuk Lengkapi Berkas ke Kejati Sumut


Halaman :
Penulis: DR Berita

Editor: admin

Sumber: Kompas.com