Ekonomi

LPPM Unimed Latih Kelompok Tani buat Pupuk Organik dari Limbah Serai Wangi

DR Berita
istimewa

LPPM Unimed latih pembuatan pupuk organik.


DRberita | Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Medan (Unimed) melakukan pelatihan pembuatan pupuk organik. Kelompok tani di Desa Sampali Jalan Masjid Ulayat Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang menjadi pesertanya.

Rilis yang diterimadrberita.com, Sabtu (7/8/2021) menyebutkan kegiatan berlangsung pada Kamis (5/8/2021) kemarin. Limbah dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Barokah Atsiri menjadi objek pelaksanaan kegiatan kali ini.

Ketua pengabdian kegiatan Dr Mufti Sudibyo mengajarkan cara menyuling limbah daun serai wangi hingga menjadi pupuk organik yang bermanfaat. Sehingga tidak melulu menjadi sampah yang tak berguna dan terbuang percuma.

"Tim LPPM Unimed memiliki sumber daya manusia tentang hal ini dan sudah seharusnya memberikan ilmu ini kepada kelompok tani," kata Mufti.

Menurutnya, para peserta diajarkan mulai dari mencacah daun serai wangi hingga penyaringan hasil penyaringan. Kemudian hasilnya dicampur dengan aktivator EM4 dan tanah lalu bisa digunakan sebagai pupuk organik.

"Para peserta juga kita minta mengikuti proses pembuatan sampai menjadi pupuk. Karena kegiatan ini akan terus berlangsung. Pada bulan September mendatang Tim LPPM Unimed akan memuat insektisida," ucapnya.

Dalam kegiatan ini Dr. Mufti Sudibyo bersama dengan para anggota Khairiza Lubis Ph.D, Onggal Sihite, M.Si, dan Puji Prastowo, M.Si. (den)
Penulis: armand

Editor: armand