Ekonomi

Junjung Transparansi, DDW Serahkan Laporan ke Kanwil Kemenag Sumut

DR Berita
Istimewa

Pimpinan Cabang DDW Sulaiman menyerahkan laporan ke Kanwil Kemenag Sumut Syahrul Wirda.

DRberita.com | Dompet Dhuafa Waspada (DDW) sebagai lembaga penghimpun zakat telah menyerahkan laporan semester pertama tahun 2021 ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara (Kanwil Kemenag Sumut), Jumat 10 September 2021.

Penyerahan laporan tahunan ini dilakukan di Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara yang bertempat di Jalam Gatot Subroto No.261, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan.


Laporan ini diterima secara langsung oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara, Drs. H. Syahrul Wirda, MM dengan Kepala Bidang Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf H. Abdul Azim, MA.

BACA JUGA:
Ciputra Jangan Serakah, Hargai Komnas HAM Terkait Sengketa Lahan Citraland Helvetia

Pada proses ini, Syahrul Wirda menyampaikan apresiasinya kepada Dompet Dhuafa Waspada. "Saya apresiasi kepada Dompet Dhuafa Waspada karena telah menyerahkan laporan semester pertama tahun 2021 ke Kemenag sebagai laporan pertanggungjawabannya dalam mengelola Ziswaf," kata Wirda.


Adapun yang dibuatnya laporan ini yaitu untuk mengetahui berapa jumlah terhimpunnya zakat di Sumut dan sudah berapa banyak disalurkan. "Pastinya agar kita semua bisa mengetahui berapa total penghimpunan zakat di Sumatera Utara dan berapa mustahik yang terbantu selama ini," tambahnya.

Syahrul Wirda juga menyimpan harapan agar dapat terus menjalin koordinasi dan komunikasi yang baik dari semua Laznas yang ada di Provinsi Sumatera Utara. "Harapannya kita semua bisa terjalin koordinasi dan komunikasi yang baik dari semua Laznas di Sumut agar semua dapat melaporkan laporan persemesternya ke Kanwil Kemenag sebagai koordinator," kata Syahrul.


Terkait laporan ini, Sulaiman selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada juga turut memberikan penjelasannya bahwa Dompet Dhuafa Waspada sebagai lembaga amilzakat nasional perwakilan Sumatera Utara, memiliki kewajiban untuk memberikan laporan. "Sebagaimana kita sebagai lembaga amil zakat nasional perwakilan Sumatera Utara, memang sudah sepatutnya kita melaporkan terkait penghimpunan dan terkait dengan dana Ziswaf," ucapnya.

BACA JUGA:
Parlinsyah Harahap Siap Jadi Ketua DPD Partai Demokrat Sumut

Hal ini juga diakui Sulaiman sebagai salah satu upaya menjujung tinggi transparansi nilai lembaga. "Ini juga yang kita lakukan sebagai upaya dalam menjujung tinggi transparansi guna menjaga profesionalitas lembaga dan menjaga amanah," katanya.

Sampai saat ini, DDWmerupakan salah satu lembaga amil zakat yang konsisten memberikan laporan kepada Kemenag dan juga Baznas. "Alhamdulillah kita rutin memberikan laporan semester ke Kemenag Sumut dan juga Baznas dan insya Allah akan tetap konsisten," ucap Sulaiman.


Sulaiman berharap laporan yang diberikan ini dapat mempermudah Kemenag dalam mendata berapa penghimpunan dan pengiriman Dompet Dhuafa Waspada. "Harapannya dengan diberikan laporan ini dapat mempermudah Kemenag mendata penghimpunan dan penyebaran Ziswaf oleh DDW sehingga ada kontrol danmasukanuntukDDW," tutupnya.

Penulis: DR Berita

Editor: Admin