Ekonomi

Imigrasi Sibolga Siap Jadi Fasilitator Kesejahteraan Masyarakat

DR Berita
Istimewa
Imigrasi Sibolga

DRberita.com | Kepala Kantor Imigrasi Sibolga Saroha Manullang mengatakan sebagai instansi vertikal yang ditugaskan kepada Pemerintah Pusat, Imigrasi Sibolga Kewajiban untuk membantu Pemerintah Daerah khususnya di Sibolga-Tapanuli Tengah dalam pembangunan dan ekonomi.


"Hal itu sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 1 angka 3 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian bahwa salah satu fungsi Imigrasi adalah sebagai fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat," ucap Saroha Manullang saat memberikan sambutan pada acara kopi pagi bersama pemangku kepentingan yang diinisiasi oleh Pelindo 1 Cabang Sibolga di Roftop Lantai 3 Terminal Penumpang Pelabuhan Sibolga, Sabtu 11 September 2021.

Tampak hadir dalam kegiatan Direktur Utama Pelindo 1 Prasetyo, Pimpinan DPRD Sibolga Jamil Zeb Tumori, Staf Ahli Walikota Sibolga Ichwan Simatupang, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sibolga Aswin Kosotali, General Manager Pelindo 1 Cabang Sibolga M. Eriansyah, Kepala KSOP Sibolga Jagohan Gultom, Kepala Dinas Pariwisata Kota Sibolga Rahmad Tarihoran, Bea Cukai, Pelabuhan Karantina kesehatan, Perusahaan mitra Pelindo 1 Cabang Sibolga, Perwakilan RRI Sibolga, Perwakilan BNI, Pimpinan Sekolah Matauli Pandan Tapteng, Perwakilan WJL, serta pemangku kepentingan lainnya.

BACA JUGA:
Ciputra Jangan Serakah, Hargai Komnas HAM Terkait Sengketa Lahan Citraland Helvetia

Saroha mengatakan, selama ini Imigrasi Sibolga telah memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah di Sibolga-Tapanuli Tengah antara lain kemudahan dalam pemeriksaan kru kapal pengangkut aspal curah hujan yang datang dari Singapura, kapal pengangkut ikan kerapu asal Hongkong, dan kegiatan ekspor yang dilakukan dari Pelabuhan Sibolga, juga tidak lepas dari peran Imigrasi.


Selain itu pesona laut Sibolga-Tapanuli Tengah memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sebut saja Pulau Mursala yang sangat unik, memiliki air terjun yang langsung mengalir ke laut dan juga sebagai tempat syuting film Hollywood berjudul King Kong.

Ada juga Pulau Kalimantung yang eksotis memiliki air yang sangat jernih dan pasir putihnya, serta tempat-tempat lainnya. Kedepan kita berharap kapal pesiar wisata dari luar negeri dan langsung turun di Pelabuhan Sibolga, sehingga memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah.


"Kami selalu siap memberikan kemudahan bagi wisatawan asing yang berkunjung ke Sibolga-Tapanuli Tengah," ujar Saroha.

BACA JUGA:
Parlinsyah Harahap Siap Jadi Ketua DPD Partai Demokrat Sumut

Saroha juga memuji Pelabuhan Sibolga yang memiliki desain terbaik se Asia Pasifik. Diresmikan pada tahun 2019 oleh Presiden Joko Widodo, Pelabuhan Sibolga menawarkan pemandangan yang sangat indah.


"Beberapa waktu yang lalu saya dan jajaran di Kantor Imigrasi Sibolga menggunakan tempat ini untuk proses syuting Jingle Kantor Imigrasi Sibolga sebagai wujud semangat kami membangun Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), hasilnya luar biasa," tulisnya.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan Launching Sibolga Creative Expo 2021 oleh Forum Komunitas Kreatif (FKK) Sibolga-Tapanuli Tengah, dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno secara virtual. Dilanjutkan dengan peresmian 'Sibolga Sunset Point' yang berada di Roof Top Lantai 3 Pelabuhan Sibolga yang akan dibuka untuk umum sebagai tempat wisata baru di Kota Sibolga. Kegiatan diakhiri dengan webinar talkshow dan ditampilkan Jingle Imigrasi Sibolga Pasti WBK yang telah tayang di Channel Youtube Imigrasi Sibolga.

Penulis: DR Berita

Editor: Admin