Ekonomi

Hand Sanitizer Berbahan Eucalyptus Untuk Covid-19 Diluncurkan

DR Berita
Foto: Istimewa

Produk Hand Sanitizer berbahan minyak Eucalyptus resmi diluncurkan.

DRberita.com | Produk Hand Sanitizer berbahan minyak Eucalyptus resmi diluncurkan. Produk itu dihasilkan atas kerjasama pihak PT. Toba Pulp Lestari (TPL) dengan Pusat Kajian Iptek Eucalyptus Universitas Sumatera Utara (USU), dan UKM Jurnalis Bina Mandiri sebagai distributor produk.


Peneliti Pusat Kajian Iptek Eucalyptus USU, Muhammad Taufik mengatakan, produk ini sangat alami dan sangat aman untuk digunakan. Sebab, seluruh bahannya diambil dari proses ekstraksi bahan baku yang alami. "Sangat aman untuk dipakai di tangan," ujarnya, Sabtu 10 Oktober 2020.



Taufik menjelaskan, penelitian mengenai minyak atsiri dari tanaman Pohon Eucalyptus ini sudah mereka lakukan cukup lama. Total terdapat sekitar 17 senyawa yang bermanfaat dalam tanaman tersebut. Salah satu yang sudah mereka manfaatkan yakni untuk pembuatan hand sanitizer yang diluncurkan. Salah satu kendala dalam memproduksi minyak ini, menurutnya hanya ketersediaan bahan baku yakni tanaman Pohon Eucalyptus.


Baca Juga :Demo UU Cipta Kerja: Polisi Halau Penjarahan di Plaza Medan Fair


“Jadi sebenarnya riset untuk Eucalyptus dari akar, batang, daun hingga gulma yang hidup di sekitar tanaman sedang dan akan kita produksi. Karena bahan baku yang kita butuhkan yakni Eucalyptol (1,8 cineole) yang merupakan senyawa aktif yang terdapat dalam daun eucalyptus selalu bisa disediakan PT Toba Pulp Lestari, karena tanaman ini merupakan sumber bahan baku utama produksi bubur kertas perusahaan tersebut," ujar Taufik.



Halaman :
Penulis: Faisal Is

Editor: Bornok