Ekonomi

Gubsu Diminta Objektif Tetapkan Dirut Bank Sumut Yang Baru

DR Berita
Foto: Muhammad Artam

Gubsu Edy Rahmayadi (tengah) bersama Ketua DPD BAPERA Sumut Dedek Ray dan Sekretaris Ricky Pangeran Siregar.

DRberita.com -MEDAN | Penetapan Direktur Utama (Dirut) PT. Bank Sumut yang baru dalam RUPS Luar Biasa pada 7 Mei 2021 mendatang diharapkan bisa berdampak positif bagi Provinsi Sumatera Utara.


Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi sebagai Pemegang Saham Pengendali (PSP) PT. Bank Sumut diminta mampu berlaku objektif untuk menetapkan dirut yang baru.


BACA JUGA :Rutan Medan Dapat Hibah Alat Medis Canggih Buatan China dari Anggota DPRD Sumut


Tokoh masyarakat Sumatera Utara Drs. Supran Pangat mengatakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa PT. Bank Sumut yang akan dilaksanakan pada 7 Mei 2021 menjadi momentum bagi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi untuk melepaskan BUMD milik Pemprovsu tersebut dari kepentingan kelompok.



"Kita percaya Gubsu mampu mengambil keputusan yang terbaik untuk penetapan Dirut Bank Sumut yang baru, makanya kita meminta Pak Edy pada RUPS nanti bisa bersikap objektif memilih calon yang benar-benar bebas dari kepentingan kelompok," ujar Supran, Sabtu 1 Mei 2021.


Saat ini, kata Supran, PT. Bank Sumut adalah BUMD terbaik dari BUMD lainnya yang dimilik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Selain memiliki peran penting bagi perekonomian masyarakat, Bank Sumut juga merupakan 'urat nadi' pembangunan bagi daerah di Sumatera Utara.


"Calon dirut yang baru harus memiliki jiwa kepemimpinan, selain itu harus juga bisa berinovasi dalam mengelola Bank Sumut. Dan yang paling terpenting adalah sosok calon dirut bisa diterima semua kalangan, terutama internal Bank Sumut," kata Supran.



Sebagai nasabah, Supran tidak ingin PT. Bank Sumut menjadi objek kepentingan politik peraktis bagi kelompok tertentu yang menginginkan sosok pilihannya menduduk jabatan dirut tersebut.


Informasi diperoleh DRberita.com, dari 4 direksi yang ada di Bank Sumut, 2 nama mencuat menjadi calon kandidat kuat dirut. Keduanya yaitu Eksir Direktur Kepatuhan, dan Hadi Sucipto Direktur Pemasaran.


BACA JUGA :Viral, Petisi Rakyat Tano Batak Minta PT. TPL Kembalikan Hak Lingkungan


Diberitakan sebelumnya, Komisaris Utama (Komut) PT. Bank Sumut Syaiful Azhar mengatakan pihaknya sudah menyiapkan proses penetapan Direktur PT. Bank Sumut sebagai pengganti Alm. Muhammad Budi Utomo yang wafat pada 15 April 2021, melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa pada 7 Mei 2021 mendatang.



Syaiful mengungkapkan bahwa yang berhak menetapkan dirut baru pada RUPS Luar Bisa adalah para pemegang saham PT. Bank Sumut.

Penulis: Muhammad Artam

Editor: admin