Ekonomi

FOZ dan Baznas Ciptakan Sinergi Program Untuk Potensi Zakat di Sumut

DR Berita
Foto: Istimewa

Pertemuan FOZ dan Baznas Sumut.

DRberita.com | Dana zakat memiliki peran penting dalam kemajuan masyarakat baik itu dalam kuantitas maupun kualitas hidup. Pengelolaan zakat dengan baik tentunya menjadi hal utama dan membutuhkan amil zakat yang profesional dan amanah.


Silaturrahim yang dilaksanakan oleh Baznas Sumut dan Forum Zakat (FOZ) Sumut menghasilkan sinergi program yang unggul dan insya Allah kebermanfaatannya akan sama-sama dirasakan.



Sebanyak 18 lembaga yang tergabung dalam FOZ Sumut menghadiri Forum Group Discussion (FGD) yang diadakan oleh Baznas Sumut dan FOZ Sumut di aula Baznas Sumut. Baznas Kota Medan dan Kota Binjai juga menghadiri acara silaturrahim tersebut.


Baca Juga :2 Hari KPK Masuk ke BPKAD dan Inspektorat Sumut


Acara tersebut dihadiri oleh Ka.Kanwil Kemenag Prov. Sumatera Utara diwakili oleh Kabid Penais Ziswaf, Kanwil Kemenag Sumut Abdul Manan, Ketua Baznas Sumut Amansyah Nasution, Waka I Baznas Sumut Haris Fadillah, Waka II Baznas Sumut Musadad Lubis, Waka III Baznas Sumut Syahrul Jalal, Ketua Baznas Medan Azwar S, WAkil Ketua IV Baznas Kota Medan Suadi Lubis, Ketua Baznas Binjai Ansharullah, Sekretaris FOZ Sumut M. Iqbal Farizi dan pimpinan serta pengurus dari 18 LAZ dan lembaga sosial se-Sumatera Utara.



Kabid Penais Ziswaf, Kanwil Kemenag Sumut Abdul Manan menyampaikan dalam sambutannya, pemerintah daerah mendukung penuh kegiatan ini, dan insya Allah akan terus mendampingi sinergi program antara berbagai pihak termasuk Baznas dan Forum Zakat Sumutera Utara.


Ketua Baznas Sumut Amansyah Nasution dalam sambutannya juga mengatakan semuanya berharap dari kegiatan ini akan muncul program kerja efektif untuk mengatasi kemiskinan di Sumatera Utara, tidak sekedar wacana tapi harus dalam bentuk konkret aksi nyata antar berbagai pihak.


Sekretaris FOZ Sumut M. Iqbal Farizi menyampaikan Forum Zakat (FOZ) adalah wadah pengumpulan organisasi Pengelola Zakat Indonesia yang berupaya memajukan pengelolaan zakat di Indonesia.



"Terdapat 23 lembaga yang sudah bergabung di FOZ Sumut dengan kekuatan lembaga masing-masing dan siap bersinergi dengan berbagai pihak termasuk baznas dan pemerintah dalam optimalisasi potensi dan pengelolaan ziswaf masyarakat dengan maksimal," ujar Iqbal, seraya mengatakan FOZ sendiri memiliki tagline "Rumah Besar Gerakan Zakat di Indonesia".


Dalam pertemuan tersebut juga menghasilkan usulan dan rencana program-program sinergi baru antara Baznas dan FOZ, di antaranya:



1. Akan dibentuknya Kampung Zakat yang akan menjadi tolak ukur pilot project berikutnya.

2. Pembentukan database mustahik

3. Pengadaan tanah wakaf perkuburan muslim di wilayah minoritas muslim

4. Menambah Da'i ke wilayah-wilayah pelosok negeri.


Baca Juga :HUT ke 19, DPD Demokrat Sumut Anjangsana 4 Panti Asuhan di Medan


Rencana strategi ini antara berbagai pihak sebagai sinergi program yang direncanakan FOZ - Baznas di forum selanjutnya. Kelanjutan dari perencanaan akan dibahas kembali pada FGD, Selasa, 22 September 2020 mendatang dengan tema sinergi fundraising dalam pengelolaan Ziswaf.



"Insya Allah segala rencana tersebut akan direalisasikan kepada masyarakat dan semoga Allah SWT memudahkan dan melancarkan segala rencana," kata Iqbal.



art/drb

Editor: Bornok

Sumber: Pers Rilis