Ekonomi

Dinas Koperasi dan UMKM Provsu Dukung HMSI Sumut

DR Berita
Foto: Istimewa

Acara koperasi HMSI Sumut.

DRberita.com | Dinas Koperasi dna Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Provinsi Sumatera Utara, siap mendukung beroperasinya Koperasi Produsen Hasta Mandiri Sejahtera (KP-HMSI), yang bergerak di sektor pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui wadah yang dikonsep oleh Praklamator RI Bung Hatta.


Demikian dikatakan Kabid Dinas UMKM Sumut, Unggul Sitanggang, ketika memberikan penyuluhan di Sekretariat Himpunan Masyarakat Soehartoisme Indonesia (HMSI) Sumatera Utara, Jalan AR. Hakim No. 171 Medan, kemarin.



Didampingi staf, Jujur Pardosi dan Jhon F Lumban Raja, Unggul dihadapan puluhan calon anggota koperasi, merincikan tentang syarat dan mekanisme pembentukan koperasi.


Menurutnya, seusai peraturan keinginan KP HMSI dapat terwujud jika ada dukungan dari pengurus dan managemen perkoperasian yang profesional, akuntabel dan sesuai dengan undang-undang koperasi yang berlaku dewasa ini.


Baca Juga :PMII Minta KPK Perjelas Status Bakal Calon Bupati Simalungun


"Dunia mengakui potensi koperasi, sudah diterapkan negara Jepang, termasuk negara Afrika Eutopia sekarang ekonominya sudah membaik," katanya.



Pengelolaan koperasi itu sangat sederhana, serba fungsi juga mitra kerja pemerintah yang juga bisa kerja sama dengan perusahaan lainnya. "Koperasi ini sudah dilindungi Undang-Undang, tata kelolanya sudah dalam aturan yang baku.saya yakin tahun ketiga HMSI sudah mapan dan sukses,yang terpenting kedepankan profesionalisme, militan dan kejujuran," jelas Unggul.


Sementara, Ketua Koperasi Produsen Hasta Mahardhika Sejahtera Indonesia (KP-HMSI) Yuri Subandi mengatakan semua ini harus dilakukan dengan kerja sama yang baik serta memgedepankan amanah.



"Kita tidak berdiri sendiri, yang terpenting bagaimana kita berbuat yang terbaik buat bangsa dan negara, semoga saja amanah yang diberikan ini bisa kita pikul secara bersama-sama demi kemaslahatan orang banyak," kata Yuri.



art/drb

Penulis: Sani

Editor: Bornok