Ekonomi

Bank Sumut Dapat Rp 1 Triliun dari Kementerian Koperasi dan UKM, Untuk KUR Rp 240 Miliar

DR Berita
Foto: Muhammad Artam

PT. Bank Sumut

DRberita.com-Sumut | PT. Bank Sumut menegaskan komitmennya untuk terus menyalurkan kredit kepada sektor produktif agar percepatan dan pemulihan ekonomi nasional terus berjalan. Bank Sumut juga dipercaya sebagai salah satu bank penyalur kredit KUR dari Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia.


Usai penandatanganan perjanjian kerjasama penyaluran KUR dengan Deputi Bidang Usaha Mikro Kementrian Koperasi dan UKM Eddy Satriya, Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut Irwan melalui Corporate Secretary Syahdan Ridwan Siregar menjelaskan pada tahun 2021 Bank Sumut kembali dipercaya pemerintah untuk menyalurkan KUR dengan plafond Rp 1 triliun.


BACA JUGA :Kombes Hanny: Masih Banyak Anggota Direktorat Narkoba Polda Jatim Miliki Integritas


"Segmen perincian penyaluran KUR di antaranya Rp 700 miliar untuk KUR kecil, Rp 200 miliar untuk KUR mikro, dan Rp 100 miliar untuk KUR supermikro adapun penyaluran KUR di Bank Sumut sampai dengan akhir April sebesar Rp 240 miliar," jelas Syahdan.



Sebelumnya Bank Sumut juga dipercaya menyalurkan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) senilai Rp 1 triliun. "Pada penyaluran tahap pertama sebelumnya dari kuota Rp 1 triliun Bank Sumut telah menyalurkan dana PEN Rp.2.2 triliun yang menyasar kepada 20.389 debitur," jelas Syahdan.


Dengan kepercayaan dari Kementerian Koperasi dan UKM, kata Syahdan, Bank Sumut tetap berkomitmen menjadi agen of development yang berkontribusi pada perekonomian Sumatera Utara.


Seperti diketahui, Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pembiayaan antara Deputi Bidang Usaha Mikro dengan 42 Penyalur KUR, Jakarta, Rabu 28 April 2021.



Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam keterangan persnya mengatakan untuk tahun 2021 pemerintah memberikan dukungan akses pembiayaan untuk UMKM melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan target sebesar Rp 253 triliun dan relaksasi stimulus tambahan subsidi bunga KUR sebesar 3% sampai dengan 3 Juni 2021.


"Dengan demikian suku bunga KUR berkurang dari 6% menjadi 3%," jelasnya.


BACA JUGA :Pembunuh Rianto Simbolon Dituntut 20 Tahun, Kuasa Hukum Minta Hakim Vonis Hukuman Mati


Teten juga menjelaskan realisasi penyaluran KUR tahun 2021 sampai dengan per 22 April 2021 sebesar Rp 68,54 triliun.


Penulis: DR Berita

Editor: admin

Sumber: Rilis