Ekonomi

KEIN Pilih Empat Sektor Untuk Hasilkan Nilai Tambah

DR Berita
istimewa
Ketua KEIN Sutrisno Bachir dan Gubernur Sumut Erry Nuradi.
DINAMIKARAKYATCOM - Ketua Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) Sutrisno Bachir mengatakan pemilihan empat sektor industri yang bukan hanya manufaktur untuk menghasilkan nilai tambah.

Demikian diungkapkan Sutrisno Bachir dalam Seminar dan FGD Industrial Pilihan KEIN dalam kerangka Industrialisasi Indonesia 2045 di Aston City Hall Medan, Rabu (25/1/2017).

Hadir dalam acara gubernur Sumut Erry Nuradi, mewakili Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sekjen Bambang Hendroyono, Rektor USU yang diwakili Wakil Rektor IV Bidang Perencana, Pengembangan dan Sistem Informasi USU Prof Bustami Syam, Wakil Ketua KEIN Arif Budimanta, dan pengurus KEIN lainnya seperti Benny Pasaribu, Haris Mukti, Andre Sudibyo, Ipang Wahid dan undangan.
"Alasan pilihan itu adalah bersumber dari Indonesia. Yakni sumber daya alam dan sumber daya manusianya," ungkap Sutrisno.

Empat sektor tersebut adalah agro industri yang meliputi bidang pertanian dan kehutanan, sektor maritim yang meliputi yang ada di laut maupun yang ada di atasnya yaitu transportasi.

Selanjutnya sektor Pariwisata dan sektor Ekonomi Kreatif dan teknologi informasi dan komunikasi (ICT).

"Diharapkan keempat sektor yang difokuskan dapat menjawab persoalan-persoalan pembangunan dan kesenjangan terutama ekonomi," terangnya.
Sutrisno berharap melalui seminar dan FGD ini nantinya akan menghasilkan masukan-masukan yang produktif untuk menjawab segala persoalan-persoalan yang ada di Indonesia khususnya di Sumatera Utara.

"Kegiatan ini merupakan roadshow KEIN kelima kalinya di Perguruan Tinggi. Sebelum ke Sumut, kita mengunjungi ITB, UI, IPB dan UGM," sebutnya.

"Ini lanjutan tugas KEIN membuat roadmap industrilisasi jangka pendek, menengah maupun panjang sampai dengan 2045, setelah melakukan kajian-kajian, pertemuan dan studi banding ke luar negeri," tutupnya. (art/drc)
Editor: admin